Zungle

Bagaimana jika headset dikawinkan dengan kacamata? Jawaban ini memiliki dua versi, headset yang dilengkapi kacamata atau kacamata yang dilengkapi headset. Menanggapi pertanyaan tersebut startup asal Los Angeles merangkumnya lewat produk bernama Zungle Panther.

Zungle adalah kacamata untuk style yang menitikberatkan pada fungsi headset. Ya, walaupun terlihat seperti kacamata pada umumnya, tetapi kacamata ini menawarkan alunan musik yang bisa didengar penggunanya dengan tidak “menyumbat” lubang telinga.

Zungle
Lubang telinga tidak tertutup, aliran suara disalurkan lewat “jalur lain”

Di kedua frame terdapat sistem konduksi yang bertugas menghantarkan suara lewat tulang sebelum akhirnya getaran diterima gendang telinga. Sistem Zungle Panther Bone Conduction ini juga ada pada gelang Sgnl.

Lantas lubang telinga tidak tertutup dan kamu tetap bisa mendengar suara di sekitar lingkungan. Bagian paling menarik dari bone conduction ialah suara yang kamu dengar tidak bisa didengar orang lain.

Zungle
Cukup menarik bagaimana Zungle meringkas semua komponennya dalam paket kacamata

Jika diamati, sisi frame memang agak tebal mengingat disanalah terdapat komponen utama. Zungle Panther ditopang baterai Lithium Polymer berkapasitas 300 mAh dengan durasi play time 4 jam dan stand by 100 jam. Pengisian baterai menggunakan port micro USB yang memakan waktu kurang dari 1 jam.

Perangkat terhubung melalui Bluetooth, namun untuk opsi kendali Zungle menyediakan touchpad di frame. Perlu diketahui frame bisa dilepas untuk membuka port pengisian baterai.

Zungle
Zungle Panther mungkin akan jadi tren gadget stylish di masa depan

Kacamata seberat 45 gram ini juga disematkan microphone untuk menunjang komunikasi telepon. Zungle turut menjelaskan bahwa kacamata yang mereka rancang memiliki kemampuan water-proof meski tidak dijelaskan tingkat sertifikasinya.

Kini Zungle Panther dipatok seharga $119 atau Rp 1.5 juta. Biaya yang cukup menguras kantong, tetapi jika melihat kembali apa yang ditawarkannya, seharusnya ini angka yang layak.

Bagaimana? Kamu berminat?