Samsung Galaxy 180
Impresi artis render smartphone bezel-less Samsung masa depan

Samsung saat ini sedang sibuk meracik kelanjutan smartphone flagship buatannya bernama Galaxy S9. Berbagai rumor mencuat, seperti sensor sidik jari di bawah layar dan mencontek fitur Face ID pada iPhone X.

Bocoran terbaru dari Lets Go Digital yang dikirim ke Sefsed.com mengungkap Samsung tengah mengerjakan teknologi layar baru yang cukup signifikan. Perusahaan diklaim sedang membuat layar bezel-less, namun ini tidak seperti yang ada di pasaran saat ini. Samsung akan menutupi sisi depan dan samping dengan layar.

Paten berkode WO/2017/204483 menjelaskan bagaimana Samsung akan mengaplikasikan layar tersebut. Layar akan membentang 180 derajat dari permukaan depan, ke sisi samping kiri, kanan, dan atas, bawah smartphone.

Samsung 180 Display
Tepian smartphone akan dibuat melengkung sempurna

Dengan desain seperti ini dapat dipastikan tombol volume dan power akan lenyap dan digantikan tombol virtual. Selain itu, keberadaan layar di sisi samping memungkinkan perusahaan menambah fitur baru. Tidak adanya celah berarti membuat smartphone lebih water resistant.

Lantas bagaimana dengan kamera depan?

Jika render tersebut akurat, bisa diasumsikan Samsung memiliki layar yang bisa dilekuk dan transparan dan kamera akan diletakan di bawah layar. Saat ini diketahui LG sudah memiliki teknologi layar OLED fleksibel dan transparan. Bisa jadi, dalam kondisi mati kamu bisa melihat jeroan smartphone dengan jelas.

Sayangnya Samsung tidak akan membawa layar tersebut sekarang. Sementara itu tahun 2018 sudah “dibooking” untuk perilisan tiga varian Galaxy S9. Namun tidak menutup kemungkinan Galaxy X akan menjadi pertama yang memilikinya setelah S9 dipasarkan.