Volocopter Dubai
Dubai memiliki program Autonomous Air Taxi (AAT) dengan target setengah perjalanan dapat diakomodasi dengan transportasi tersebut pada 2030

Salah satu kota yang giat mempromosikan moda transportasi masa depan adalah Dubai. Kota dengan bangunan pencakar langit megah ini ditargetkan akan memiliki fassilitas transportasi seperti Hyperloop bahkan yang cukup diantisipasi, taksi terbang.

Menggandeng Volocopter, Dubai memiliki program Autonomous Air Taxi (AAT) dengan target setengah perjalanan dapat diakomodasi dengan transportasi tersebut pada 2030. Direktur Umum AAT, Mattar Al Tayer mengatakan pihaknya berusaha menawarkan kualitas terbaik, dari segi kenyamanan hingga keamanan.

Volocopter Dubai
Peresmian Volocopter dengan brand nama AAT

Volocopter sendiri merupakan drone penumpang dengan 18 rotor yang digerakkan oleh tenaga listrik. Setidaknya terdapat dua kursi dengan bagasi di belakangnya. Pengujian dengan awak pertama kali berhasil dilakukan pada Maret 2016. Sejak saat itu perusahaan asal Jerman tersebut mendapat cukup banyak dana investasi untuk pengembangan.

Sementara itu penampilan perdana di Dubai dilakukan pada 25 September lalu di Jumeirah Beach Park. Penerbangan tersebut dilakukan secara autonomous tanpa kehadiran awak di dalamnya. Rencananya taksi terbang ini akan beroperasi otomatis sehingga penumpang hanya perlu duduk di dalam sambil menunggu diantar ke tujuan.

Volocopter Dubai
Adanya parasut mengindikasikan bahwa drone akan terbang cukup tinggi

Soal keamanan, AAT akan menyematkan parasut darurat jika terjadi hal-hal di luar kendali. Dengan baterai terbaru drone hanya butuh 2 jam untuk pengisian hingga penuh. Namun tidak disebutkan berapa lama Volocopter mampu mengudara dengan kapasitas baterai yang dimilikinya.

Sistem taksi terbang Dubai nantinya bisa dipesan melalui aplikasi smartphone seperti taksi online pada umumnya. Selain Volocopter, Dubai juga sudah bekerjasama dengan produsen drone asal China untuk mengoperasikan drone penumpang, Ehang 184.

Seperti apa demonstrasi taksi terbang tersebut? Ini videonya: