Google Charleston East HQ

Apple dikabarkan sudah hampir menyelesaikan proyek Apple Campus 2 yang nantinya bakal menjadi markas terbesar, sekaligus mengusung desain futuristik dan ramah lingkungan. Sementara Google mendapat angin segar seusai pengajuan proyeknya disetujui oleh dewan Mountain View.

Proyek yang dimaksud disini adalah Google Charleston East HQ yang merupakan sebuah markas besar untuk menampung karyawan Google. Lokasi pembangunan berada di North Bayshore yang berjarak sekitar 70 kilometer dari kota New York.

Sebagai perusahaan teknologi Google menyuntikkan elemen futuristik sekaligus tetap ramah lingkungan.

Dari luar tampak seperti tenda raksasa dengan bentuk tak biasa

Google Charleston East HQ
Seperti tumpukan tenda

Jika Apple memilih bentuk seperti UFO, Google justru mengambil konsep yang sederhana. Konsep bangunan yang telah hadir ribuan tahun silam, tetapi kali ini dipadukan dengan nuansa modern.

Bangunan utama menyediakan ruang perkantoran seluas 55 ribu meter persegi ditambah 1000 meter persegi untuk kafe, toko, dan fasilitas publik. Sementara itu tinggi atap maksimal 33 meter.

Google Charleston East HQ
Beragam fasilitas menarik dapat dinikmati disini

Struktur yang dirancang oleh Heatherwick Studio dan Bjarke Ingles Group tersebut bakal menjadi ‘rumah’ bagi 2.700 karyawan. Tentunya seperti yang sudah-sudah, Google akan menyertakan fasilitas ‘penghilang stres’ seperti jalur sepeda, taman, hingga pengalaman virtual reality.

Semaksimal mungkin menggunakan energi ramah lingkungan

Google Charleston East HQ
Banyak aspek yang menjadikan Charleston East sebagai bangunan ramah lingkungan

Sisi atap bangunan utama dikatakan bakal dilapisi panel surya. Menurut Google energi yang dihasilkan panel tersebut dapat mengakomodasi 40 persen daya listrik sehari-hari. Selain itu kaca akan mendominasi sisi luar bangunan dengan tujuan menghantarkan lebih banyak cahaya matahari sehingga penggunaan lampu dapat direduksi.

Di luar akan dihiasi banyak tanaman serta pepohonan hijau. Kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati suasana teduh di sekitar kantor.

Google Charleston East HQ
Google mendapatkan gelar yang tidak ada pada Apple Campus 2

Hal yang patut diapresiasi ialah sertifikat LEED Platinum, yakni rating tertinggi untuk bangunan ramah lingkungan. Tidak semua bangunan bisa mendapat gelar tersebut tetapi Charleston East dipastikan bakal menjadi salah satunya.

Tidak malu-malu, Google akan membukanya untuk umum

Google Charleston East HQ
Tidak tembok raksasa yang menghalangi publik untuk masuk ke dalam

Apple Campus diketahui sengaja memberikan akses publik untuk beberapa fasilitasnya, namun jika dialokasikan maka rasionya sangatlah kecil dibanding wilayah eksklusif milik karyawannya.

Berbeda dengan Apple, Google mengkonfirmasi Charleston East boleh dikunjungi siapapun. Disana tersedia beragam fasilitas yang sifatnya edukasi semisal pembelajaran coding, seminar, pameran teknologi, hingga menjajal sepeda (publik) yang terparkir disana.

Lalu kapan proyek ini selesai? Sayangnya tidak tahun ini atau bahkan tahun depan. Sebab peletakan batu pertama baru dilakukan pada akhir 2017 kemudian ditargetkan selesai pada 2019.