Walaupun beberapa perangkat seperti Vivo Wand, Oculus Touch, Dan PSVR Move wand memungkinkan kita berinteraksi dengan dunia VR melalui tangan, belum ada perangkat yang kompatibel untuk kaki.

Tapi kini dengan satu set peralatan Tacllim buatan Carevo berupa sarung tangan, sepatu dan perlengkapan motion-sensing memungkinkan kita untuk bergerak bebas di dunia VR.

taclim_haptic
Taclim dilengkapi dengan motor haptic untuk memberikan sensasi pada kaki seperti temperatur dan material lingkungan.

Sarung tangan mungkin bukan kata yang cocok untuk peralatan handheld. Pasalnya peralatan handheld ini digunakan pada tangan & memiliki sensor 9 sumbu perekam gerak.

Untuk sepatu Taclim, Carevo membekalinya dengan gyroscope, acceleratometer, gyroscope dan geomagetic untuk dapat merekam dan memproses gerakan pengguna.

9 Jan 2017 Snaptic - Taclim Haptic, Sepatu Untuk Berjalan di Dunia VR
Taclim terdiri dari sepasang sarung tangan, sepatu dan kelengkapan motion-sensing

Ada tiga motor haptic yang berfungsi mengkonversi energi baterai menjadi gerak, dan memberi sensasi sentuhan pada tiap sepatu, sedangkan pada sarung tangan hanya terdapat satu motor haptic.

Komponen Taclim berkomunikasi satu dengan yang lain melalui Bluetooth dan jaringan wireless band.

taclim_sensor
Dengan adanya motor haptic, menendang musuh dan dinding dalam game VR dapat memberikan sensasi seperti menendang manusia.

Carevo juga menyatakan bahwa perangkat ini dapat dicharge selama tiga jam. Belum ada penjelasan dari Carevo tentang harga dan ketersediaan produk ini.

Sumber : Carevo