ARMAR-6
Wujud robot ARMAR-6 yang bekerja di sebuah supermarket

Bayangan penulis cerita film sci-fi soal potensi besar penguasaan robot terhadap sektor pekerjaan manusia bukan lagi sebuah angan-angan. Sejumlah mesin dibuat untuk membantu proses manufaktur, eksplorasi, penelitian, hingga yang cukup ekstrim sebagai pasukan berani mati dalam medan pertempuran.

Perusahaan supermarket asal Inggris, Ocado baru saja merekrut karyawan baru yang sepenuhnya bukan manusia melainkan robot. Dijuluki ARMAR-6, robot humanoid tersebut merupakan proyek milik pengembang bernama SecondHands untuk membantu manusia khususnya dalam keperluan teknis.

Ocado Technology, divisi dari Ocado sendiri menempatkan robot di bagian gudang, dimana ia bersama pekerja manusia lainnya. Apabila karyawan membutuhkan bantuan untuk mengangkat benda yang besar, ARMAR-6 akan datang membantunya.

Hal ini berkat kombinasi machine learning dan computer vision yang ditanamkan dalam otaknya sehingga mampu meniru beberapa pekerjaan manusia hanya dengan melihat saja.

Lebih dalam lagi, robot dapat memprediksi apa saja yang masih harus dikerjakan untuk menyelesaikan tugas.

SecondHands Robot
Visi SecondHands adalah menciptakan robot yang cukup mumpuni di bidang teknisi

“Gudang ini mengatur jutaan produk per hari dan mengirimnya ke ribuan pelanggan. Tujuan utama dari robot dengan fungsi machine learning dan computer vision ini adalah membaca kondisi lingkungan dan mengidentifikasi pekerjaan apa yang dapat ia bantu.” kata perwakilan Ocado, Alexandru Voica melalui New Atlas.

Menurut pengembang, ARMAR-6 telah disertai teknologi pengenal suara seperti Google Assistant dan Amazon Alexa sehingga pekerja dapat lebih mudah berinteraksi dengan robot.

Prototipe ARMAR-6 sendiri sudah melewati tes lab, dan kini menjajal “magang” langsung di tempat ia bekerja nantinya. Rencananya, fungsi penuh robot akan selesai pada 2020. Diharapkan juga mereka dapat memproduksi lebih banyak robot pekerja sesuai permintaan.

Berikut video bagaimana ARMAR-6 bekerja serta penjelasan singkat teknologi yang diusungnya: