MOAI Aquarium Cleaner
Perangkat bernama MOAI ini dapat diperintah untuk membersihkan akuarium secara rutin

Memelihara ikan di akuarium menjadi kegemaran tersendiri bagi sebagian orang. Sama dengan hewan peliharaan pada umumnya, kebersihan tempat tinggal hewan tersebut harus dijaga. Sayangnya akuarium sendiri terhitung cukup repot untuk membersihkannya.

MOAI adalah perangkat robotik yang difungsikan untuk membersihkan kaca akuarium tanpa mengurasi airnya. Perangkat ini memiliki dua bagian, sisi pembersih berada di dalam kemudian bagian robotik berada di luar. Keduanya melekat berkat magnet yang cukup kuat.

MOAI Aquarium Cleaner
Bagian-bagian pada MOAI

Robot bergerak secara horizontal mengikuti lebar permukaan akuarium. Kamu bisa mengontrolnya melalui aplikasi khusus yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Di samping itu MOAI memberikan fitur pembersihkan berdasarkan jadwal dan beroperasi secara otomatis.

Menariknya MOAI dilengkapi kamera 1080p dengan sudut pandang 120 derajat untuk mengabadikan momen menarik yang terjadi di dalam akuarium. Karena terhubung via WiFi, pengguna bisa melihat video real-time melalui smartphone.

Untuk pengisian baterai, pihak pengembang mengusung charging dock yang dapat ditempel pada sudut akuarium. Berkat sistem navigasi berbasis sonar, MOAI dapat menuju charging dock secara mandiri ketika baterainya berada di level rendah.

MOAI Aquarium Cleaner
MOAI dapat dikendalikan secara manual bagi pengguna, khususnya untuk merekam video

Sayangnya MOAI tidak datang dengan harga yang murah. Satu unit untuk versi Early Bird dibanderol Rp 2 juta, sedangkan ketika sampai di retail harganya akan melonjak menjadi Rp 4 juta. Tim perancang mengakui mereka membutuhkan material khusus untuk membuat produknya.

Proses manufaktur akan dimulai pada Maret 2018, kemudian pengiriman kepada para pemesan dilakukan tiga bulan setelahnya.

Berikut video demonstrasi MOAI: