Para peneliti menyatakan bahwa mereka telah menemukan cara untuk membuat material serat terprogram, yang bisa diberi fungsi kimia, biologi, dan optikal.

Universitas Tuft menggunakan serat fibroin sebagai bahan uji coba, suatu protein yang dapat membuat serat memiliki ketahanan untuk membuat material tiga dimensi baru dengan metode fabrikasi air.

serat_material_peka_terhadap_rangsang
Serat Material yang peka terhadap rangsang sentuhan, perubahan warna material menjadi merah

Dengan metode tersebut, para engineer menemukan cara untuk membuat material baru yang didalamnya diberi fungsi baru.

Dibandingkan dengan memodifikasi material yang sudah ada dan menghasilkan material dua dimensi yang stagnan, proses ini memungkinkan para peneliti membangun material baru dari dasar, yang memiliki beragam fungsi dan sifat baru.

material_sintesis_peka_cahaya
Material yang peka terhadap cahaya, ketika diberi cahaya inframerah LED, suhunya naik hingga 180 C

Fiorenzo G. Omenetto, Ph.D menyatakan bahwa kemampuan untuk menambahkan fungsi pada material dengan bipolimer ini, dapat mengubah struktur dasar dan memodifikasi struktur akhir membuka peluang untuk temuan yang lebih baru, yaitu bio-fabrication.

uji_struktur_material
Serat Material akan memiliki struktur tiga dimensi dan dapat memiliki fungsi – fungsi tambahan

Dengan adanya serat material yang keras, memiliki ketahanan, bersifat biocompatible dan biodegradable, material baru ini cukup menjanjikan untuk temuan baru seperti baterai yang tahan lama.

Sumber : Tufts University