Steve Jobs
Berkecimpung pada perkembangan komputer dan teknologi, Jobs tidak pernah menulis program (credit: Matthew Yohe)

Terdengar aneh tetapi begitulah kenyataannya. Tokoh besar dalam perkembangan teknologi komputer dan gadget, Steve Jobs tidak pernah menuliskan sebaris pun kode pemograman untuk perusahaan yang ia pimpin, Apple.

Steve Wozniak, rekan kerja Jobs yang membantunya mendirikan Apple menjawab sebuah email pertanyaan publik. “Apakah Steve Jobs tahu bagaimana menulis program? Apakah dia seorang insinyur?” Tulis email itu seperti yang dikutip situs Woz.

Wozniak membalas dengan menuliskan bahwa Jobs tidak pernah menulis kode, ia bukan seorang insinyur. “Steve tidak pernah menulis kode. Dia bukan insinyur dan tidak membuat desain original, tetapi secara teknis dia cukup baik mengubah atau menambahkan sesuatu pada desain lain.” balas Wozniak.

Jobs memang lebih dikenal sebagai inovator yang mampu membawa perubahan signifikan pada bidang yang ia geluti. Sementara Jobs tidak menulis kode untuk Apple, tugas tersebut dilakukan oleh Wozniak bersama temannya, Allen Baum yang juga memantau perkembangan program.

Cukup aneh bahwa Jobs sendiri tidak pernah melakukan pekerjaan yang dilakukan karyawannya. Sementara tokoh lain seperti Mark Zuckerberg atau Larry Page berjuang cukup keras untuk menulis program.