Man with Electrode Wires on Head
Ilustrasi antarmuka manusia-komputer (credit: Adrianna Williams/Corbis)

Alangkah menariknya memiliki salinan diri kita sendiri di dalam komputer yang siap mengerjakan berbagai tugas. Startup ObeN yang didirikan oleh Nikhil Jain dan Adam Zheng mempunyai rencana besar untuk membuat salinan digital dari setiap individu di dunia.

Pada tahap awal, mereka berhasil membuat avatar 3D yang mirip dengan orang aslinya. ObEN hanya memerlukan foto dan rekaman suara untuk kemudian diolah yang nantinya menjadi versi virtual dari orang tersebut.

Yang membuatnya sangat canggih, rekaman suara hanya membutuhkan pengucapan beberapa kata selama beberapa menit saja. Lalu dari data rekaman yang ada dapat diproses ke kata lain bahkan dalam bahasa lain oleh komputer. Hasilnya, tidak ada yang menyadari bahwa itu adalah suara komputer.

Salinan virtual juga dilengkapi kecerdasan buatan yang seiring waktu belajar agar semakin mirip dengan manusia nyata. CEO ObEN, Nikhil Jain juga menjajal teknologi yang ia ciptakan. Hasilnya bisa kamu lihat pada video berikut:

Jain sendiri mengaku sangat sibuk dan sering pergi ke luar kota. Ia mengatakan menggunakan “dirinya” yang lain untuk berinteraksi dengan anaknya di rumah.

  Berpotensi Kuasai Pekerjaan Manusia, Elon Musk Desak Pemerintah Buat Regulasi AI

Pada tahun ini ObEN sedang bersiap untuk menyalin sejumlah selebritis Bollywood dan K-Pop ke dalam dunia virtual. Nantinya versi virtual dari mereka bisa berinteraksi dengan fans, bahkan menyanyikan sebuah lagu.

“Selebritis ingin terhubung dengan penggemar mereka. Saat mereka mempunyai avatar, kami dapat memberikan instruksi. OK, avatar, sekarang kami ingin kamu menyanyikan lagu ini.” kata Jain.

Sekilas kemampuan yang ditawarkan ObEN identik dengan film sci-fi Transcendence dimana Johnny Depp yang memerankan Dr. Will Caster ditembak. Dalam keadaan sekarat, isterinya menyalin Caster ke dalam komputer agar dapat hidup dalam dunia virtual. Meski berhasil, hal ini justru membawa dampak buruk bagi dunia dan umat manusia.