Robot Penyelam Ocean One

Fungsi robot tak lain untuk membantu pekerjaan manusia. Beberapa aktivitas yang mustahil untuk dilakukan manusia kini bisa terealisasi berkat robot.

Profesor Stanford University, Oussama Khatib bersama timnya merancang robot bernama Ocean One yang ditugaskan untuk menyelam ke dasar laut guna mencari bangkai kapal tua dari abad ke 17.

Pencarian tersebut difokuskan di lepas pantai Perancis. Ekspedisi ini untuk meneliti benda-benda arkeolog pada kapal yang dimiliki King Louis XIV yang tenggelam beberapa abad silam.

Robot Penyelam Ocean One
Ocean One bertipe humanoid sehingga sebagian besar desainnya mirip manusia

Pembuatan robot humanoid Ocean One bukan tanpa alasan. Lokasi kapal berada 100 meter di bawa permukaan air dimana itu sangat berbahaya bagi manusia.

Robot Penyelam Ocean One
Sangat sulit bagi manusia untuk menembus kedalaman 40 meter, untuk itulah Ocean One dijadikan ujung tombak

Tim peneliti bisa saja menggunakan ROV namun alat tersebut dinilai kurang tepat untuk pencarian data arkeolog di bawah laut.

Robot Penyelam Ocean One
Baru saja diangkat usai mengunjungi bangkai kapal King Louis XIV

Sementara itu Ocean One dilengkapi tiga buah jari di setiap lengannya supaya dapat mengambil benda-benda yang dirasa penting untuk keperluan penelitian.

Robot Penyelam Ocean One
Ruang kontrol robot dilengkapi video streaming real-time

Dengan desain humanoid maka pengendalian robot ini akan lebih intuitif dibanding ROV atau kapal selam kecil pada umumnya.

Sumber: IEEE Xplore