Spyslide

Direktur badan investigasi Amerika Serikat atau FBI James Comey pernah menyarankan untuk menutup kamera webcam, entah itu di komputer desktop, laptop, atau tablet.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ada sejumlah peretas yang dengan sengaja mengaktifkan kamera webcam korbannya agar dapat mengambil foto untuk kemungkinan dipakai untuk hal negatif, mungkin seperti penipuan online yang mengatasnamakan korbannya. Bahkan di kantor pemerintahan webcam komputer sudah ditutup untuk mencegah spionase.

Belakangan para peretas semakin cerdas sehingga bisa mengontrol webcam tanpa disadari pemiliknya. Ini pernah terjadi di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat ketika seorang siswa meretas komputer sekolah dan mengaktifkan webcam. Ia mengambil foto siswi untuk kemudian dijual seharga $1 per individu.

Spyslide
Jika kamu amati secara teliti, kamera laptop yang dipakai Zuck ditutupi selotip

Sampai disini sepertinya tidak ada cara terbaik selain menutup webcam, entah itu dengan selotip atau kertas. Mark Zuckerberg seorang pendiri Facebook juga melakukan hal semacam itu pada laptop yang ia gunakan.

Seorang inovator asal Belanda, Peter van de Ridjt punya solusi yang lebih baik ketimbang media konvensional untuk menutup webcam.

Spyslide
Buka tutup kamera tanpa ribet

Diberi nama Spyslide, aksesoris ini berukuran sangat kecil, jauh lebih kecil dibanding klip kertas. Spyslide bagai jendela yang mengatur buka tutup webcam. Dengan demikian kamu tidak perlu direpotkan dengan memasang atau melepas selotip.

Peter dalam halaman penggalangan dananya mengklaim aksesoris ini hanya memerlukan 5 detik untuk dipasang pada laptop, komputer desktop, tablet, atau smartphone. Spyslide terbuat dari logam baja setebal 0.6 milimeter dan dipastikan tidak akan mengganjal laptop ketika ditutup.

Spyslide
Desain sederhana, mudah digunakan, dan lebih praktis, Spyslide ditawarkan dengan harga yang membuat orang bertanya-tanya

Dibanderol sekitar Rp 100 ribuan, Spyslide mungkin akan kamu anggap terlalu mahal. Namun perlu diketahui biaya tersebut sudah termasuk ongkos kirim ke semua negara. Jadi harga tersebut seharusnya sudah cukup rasional untuk mengirim barang dari Belanda ke Indonesia.

Ini video perkenalan Spyslide: