Life Methamorphosis

Biasanya perusahaan pengolahan air dan produsen kendaraan tidak punya korelasi yang membuka peluang kerjasama. Namun di Spanyol, perusahaan air bernama Aquila dan SEAT sebagai perusahaan otomotif berkolaborasi untuk menciptakan mobil berbahan bakar gas yang berasal dari air limbah.

Proyek bernama Life Methamorphosis ini telah mendemonstrasikan sistemnya pada rumah, bus, truk, bahkan kapal. Teknik yang dipakai kurang lebih sama dengan proyek biofuel pada umumnya yakni memanfaatkan bakteri khusus untuk memisahkan bagian limbah tertentu.

Life Methamorphosis
Membuat mobil khusus adalah opsi yang tepat mengingat tidak banyak mesin mobil yang dapat menerima bahan bakar lain

Di samping itu, Aquila dan SEAT juga telah membangun beberapa fasilitas pengolahan limbah berdasarkan variasi bahan baku yang berbeda, diantaranya UMBRELLA, Annamox ELAN, dan METHAGRO.

Pihak perusahaan mengatakan 10.000 meter kubik limbah dapat diolah menjadi bahan bakar ramah lingkungan yang sanggup menjalankan 150 mobil dengan rata-rata jarak tempuh 100 kilometer.

Life Methamorphosis
Hasilnya adalah efisiensi energi serta kendaraan ramah lingkungan

Secara keseluruhan bahan bakar yang berasal dari air limbah ini dapat mengurangi emisi karbon CO2 hingga 80% dibanding bahan bakar minyak pada umumnya.

Terkait pemakaian bahan baku air sebagai bahan bakar mobil bukanlah hal yang baru di lakukan. Sebelumnya Inggris diketahui mengaplikasikan teknologi serupa pada bus GENeco. Hanya saja Aquila dan SEAT tengah melakukan inovasi baru terkait pengolahannya.

Life Methamorphosis dimaksudkan untuk memenuhi target efisiensi energi di Uni Eropa pada 2020. Lebih khusus lagi bagi Spanyol proyek ini akan menghemat bahan bakar, meningkatkan efisiensi energi, dan penggunaan energi ramah lingkungan.