SpaceX Falcon 9

Kegagalan Falcon 9 yang meledak pada 1 September tahun lalu memaksa SpaceX untuk vakum sembari menyelidiki penyebab ledakan sekaligus berusaha memperbaiki untuk misi selanjutnya.

Pada 14 Januari lalu perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk tersebut berhasil mengirim satelit komunikasi pesanan Iridium ke orbit Bumi dengan memanfaatkan wahana Falcon 9.

Roket ini merupakan andalan SpaceX untuk visi jangka panjang dimana biaya pengiriman ke luar angkasa menjadi lebih murah.

SpaceX Falcon 9
Diluncurkan di Vandenberg Air Force Base dekat California

Seusai melepas satelit untuk mulai mengorbit bumi, roket “daur ulang” tersebut segera mengurangi kecepatan dan turun perlahan menuju titik yang ditentukan.

SpaceX telah menyiapkan kapal drone yang diapungkan di Samudera Pasifik sebagai lokasi pendaratan. Seperti yang telah diharapkan, sebagian besar tubuh roket mendarat dengan sempurna.

SpaceX Falcon 9
SpaceX sukses mencatatkan kembali namanya sebagai pionir roket ‘daur ulang’

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya SpaceX memilih lautan sebagai lokasi pendaratan. Pada April tahun lalu Falcon 9 juga sukses menjalankan misi serupa.

Dengan keberhasilan misi Iridium perusahaan antariksa swasta ini berencana kembali ke jadwal rutin dimana mereka biasanya mengirimkan rata-rata satu roket per bulan.

Untuk kamu yang ingin melihat detil peluncuran hingga kembali mendarat, tonton video berikut:

Sumber: SpaceX