Falcon 9
Tidak banyak yang tahu seperti apa roket Falcon 9 yang gagal mendarat, namun SpaceX merilis videonya dalam format yang menggelitik

SpaceX saat ini menjadi perusahaan antariksa swasta terbesar. Keberhasilannya menerapkan konsep roket “daur ulang” menjadi perhatian dunia. Bahkan NASA mengontrak perusahaan berusia 15 tahun tersebut untuk mengirim kargo untuk para awak di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Namun dibalik keberhasilan roken Falcon 9, SpaceX harus berulang kali menghadapi kegagalan. Di tahun-tahun awal berdirinya tercatat tiga kali kegagalan beruntun yang memaksa perusahaan harus bersiap menghadapi kebangkrutan sebelum akhirnya peluncuran roket ke empat memperoleh keberhasilan.

Falcon 9
Hanya tergores?

Dalam video kompilasi kegagalan yang dilakukan SpaceX, temanya dibawakan secara humoris. Setiap scene pendaratan diberi caption yang menggelitik seperti “Apakah roketnya baik-baik saja? — Itu cuma tergores” (padahal roket dalam kondisi hancur berantakan). Terlihat pula sosok Elon Musk berada dekat roket yang hancur tersebut.

Sementara di akhir video, SpaceX menunjukkan keberhasilan pendaratan roket pertamanya yang menjadi tonggak sejarah baru bagi dunia antariksa. Secara tersirat, video ini ingin menyampaikan pesan bahwa suatu saat ketika kita sukses, mungkin kita akan tertawa melihat kegagalan yang pernah dilakukan.

Berikut videonya: