Falcon Heavy Video
Video terbaru yang dirilis SpaceX ceritakan tentang Falcon Heavy

Peluncuran Falcon Heavy bulan lalu sukses dengan membawakan Tesla Roadster beserta manekin berjuluk Starman ke luar angkasa, mendekati orbit Mars. Meski SpaceX menyediakan video siaran langsung, namun ada banyak sisi dari event tersebut yang tidak diketahui mayoritas orang.

Seperti apa Tesla Roadster saat sedang dipersiapkan? Seberapa ramai pusat peluncuran saat Falcon Heavy mengudara? Seperti apa roket ketika dibawa menuju landasan? Dan bagaimana nasib center core yang gagal mendarat?

Semua pertanyaan itu tersedia jawabannya dalam video yang dirilis SpaceX, dengan judul “Falcon Heavy & Starman”. Meski hanya berdurasi kurang dari 2 menit, ada banyak hal yang ditunjukkan SpaceX sesaat sebelum roket diluncurkan.

Videonya dapat kamu tonton berikut ini:

CEO SpaceX Elon Musk juga berkicau tentang video ini melalui Twitter. Ia sedikit memberi jawaban mengapa lebih memilih meluncurkan muatan mobil dan manekin dibanding instrumen saintifik.

“Kenapa Falcon Heavy & Starman? Hidup tidak hanya menyelesaikan suatu masalah satu per satu. Perlu ada sesuatu yang menginspirasi kamu, yang membuatmu bangga terbangun di pagi hari dan menjadi bagian dari umat manusia. Itulah mengapa kami melakukannya. Kami melakukannya untuk kamu.” tulis Musk.

Menerima order peluncuran seperti satelit atau peralatan sains menggunakan Falcon Heavy tentu bukan pilihan ideal bagi SpaceX mengingat potensi peluang hanya 50:50. Perusahaan menekankan bahwa misi itu hanya sekedar pengujian untuk memastikan bahwa seluruh sistem bekerja sesuai fungsinya.