SpaceX TESS
Bagian teratas roket akan dipulangkan dengan cara ekstrim

SpaceX terus bereksperimen demi menekan biaya peluncuran roket. Kali ini perusahaan antariksa tersebut berencana mendaratkan bagian roketnya dengan balon udara. Hal ini dikonfirmasi oleh sang CEO, Elon Musk melalui sebuah tweet di akun Twitter pribadinya.

“Ini mungkin terdengar gila, tapi SpaceX akan mencoba membawa kembali bagian atas roket dari kecepatan orbit menggunakan balon pesta raksasa.” tulisnya.

Roket SpaceX Falcon 9 diketahui sudah terbiasa mendaratkan stage 1 yang merupakan bagian termahal. Namun untuk stage 2 atau sering disebut upper stage hanya dibuang begitu saja ke angkasa atau dihancurkan kembali saat memasuki atmosfer Bumi.

SpaceX dalam beberapa peluncuran terakhir juga mencoba menyelamatkan fairing alias bagian pelindung muatan yang dipasang di atas upper stage. Jika percobaan balon raksasa ini berhasil, maka bisa dibilang bahwa 100 persen roket bisa digunakan kembali dan mengurangi biaya peluncuran.

Setelah diturunkan dengan balon raksasa, roket akan mendarat di atas bouncy house yang sering dijumpai pada taman bermain anak-anak.

“Dan kemudian mendarat di atas rumah memantul.” kata Musk pada tweet selanjutnya.

Tidak jelas misi yang mana yang akan menggunakan balon udara tersebut. Jika yang dimaksud adalah peluncuran satelit TESS milik NASA, itu artinya akan dilakukan beberapa hari lagi.

Cukup menarik melihat bagaimana roket jatuh dari angkasa dan memantul menggunakan balon.