MistForm Hologram
Semprotan asap menjadi wadah bagi proyeksi cahaya

Teknologi hologram sejauh ini masih sebatas fiksi ilmiah. Para ilmuwan dari berbagai belahan dunia berusaha memboyongnya ke dunia nyata. Sebut saja Holus, Holovect, dan Holovit yang mencoba peruntungannya dengan metode proyeksi hologram mereka sendiri. Memproyeksikan cahaya ke udara dan tampil seperti layar monitor tentu bukan hal yang mudah.

Untuk mengakalinya, tim mahasiswa dari University of Sussex berhasil kombinasikan dengan asap. Dinamakan MistForm, hologram ini memanfaatkan semprotan asap sebagai media yang menangkap pancaran sinyal visual dari proyektor.

Sebenarnya mengawinkan hologram dengan asap bukanlah sesuatu yang baru. Sebelumnya sudah ada DisplAir dan MisTable dengan konsep yang kurang lebih sama, namun kualitas visual MistForm relatif lebih bersih. Tim yang dipimpin Diego Martinez Plasencia ini berhasil mengatasi efek penyebaran cahaya pada asap.

MistForm Hologram
Pipa fleksibel dapat bergerak sebagai respon dari sentuhan tangan

Di samping itu Martinez bersama rekan timnya juga mengintegerasikan dengan Kinect dan OptiTrack. Fungsinya untuk mendeteksi sudut pandang pengamat. Pipa fleksibel di sisi atas berperan bersama kedua perangkat tersebut untuk memastikan pengamat melihat tampilan yang jernih dan tanpa distorsi.

Dimensi MistForm setara dengan televisi 39 inci. Hologram prototipe ini juga memungkinkan interaksi dengan tangan manusia, agak mirip dengan film fiksi ilmiah Hollywood. Teknologi layar tiga dimensi turut dikembangkan disini demi memastikan tingkat fokus objek sesuai.

Penemuan ini terbilang sederhana, namun merupakan lompatan baru bagi usaha untuk mengimplementasikan hologram. MistForm rencananya akan dipamerkan pada 10 April mendatang di Denver, Amerika Serikat pada ajang Human Computer Interaction, CHI 2017.

Simak video demonstrasinya: