Spectacles 2
Kacamata 'khusus' pengguna Snapchat yang selalu ingin eksis

Pada 2016, Snapchat merilis kacamata Spectacles yang difungsikan untuk mengambil video dari sudut pandang pemakainya. Meski tidak mengalami penjualan besar, namun perusahaan media sosial ini belum menyerah. Snapchat merilis Spectacles v2 yang menambal kekurangan dari versi pertamanya.

Snapchat Spectacles v2 kini hadir dengan bobot yang lebih ringan dan desain ramping. Meski begitu, kemampuan baterai tetap sama, yakni 70 video berdurasi masing-masing 30 detik. Selain itu, kacamata akhirnya dibekali kemampuan untuk memotret.

Kualitas kamera kini diperbaiki dengan detail yang jauh lebih tajam. Kecepatan pairing antara ponsel dengan kacamata tersebut diklaim meningkat 3-4 kali lipat. Pengguna pun tidak perlu khawatir lagi menggunakannya saat berada di pantai atau kolam renang, sebab sudah teratasi oleh desain waterproof.

Snapchat
Lingkaran kuning yang ada di seputar kamera kini dihilangkan

Hasil foto dan video hanya bisa diposting melalui Snapchat dengan dimensi lingkaran yang dikelilingi frame. Dengan kata lain, perangkat ini tidak dirancang seperti kamera pada umumnya, melainkan hanya aksesoris pelengkap dari media sosial Snapchat.

Perusahaan juga menawarkan lensa resep jika menggunakannya dalam waktu lama. Walaupun mayoritas pengguna Spectacles iterasi pertama tidak lagi menggunakannya setelah satu bulan pembelian.

Snapchat Spectacles v2 telah tersedia di Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya sejak 26 April. Sementara 13 negara lainnya akan menyusul pada 3 Mei nanti. Satu unit kacamata termasuk wadah yang di dalamnya sudah ada power bank dibanderol $149 atau Rp 2 juta.

Untuk pengguna yang telah memiliki Spectacles versi pertama dilaporkan akan menerima upgrade firmware yang memungkinkan pengambilan foto.