myFirst Fone - Jam Tangan Anak
Jam tangan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak

Memberikan smartphone kepada anak yang masih di bawah umur tidak selalu menjadi opsi ideal bagi kebutuhannya. Rentan penyalahgunaan, konten tidak sesuai umur, dan kontrol orangtua yang lemah adalah lubang pada smartphone jika dipakai oleh anak-anak.

Sebuah penggalangan dana di Kickstarter menampilkan smartwatch yang diklaim untuk anak-anak. Dijuluki myFirst Fone, perangkat ini berbentuk jam tangan tetapi sang pengembang memastikan bahwa fitur di dalamnya mirip dengan smartphone.

Terdapat setidaknya koneksi 3G, real-time GPS, kamera HD 1,3 MP, telepon suara/video, dan chat. Tetapi karena keterbatasan ukuran layar, anak hanya bisa mengirim pesan suara atau emoji. Orang tua dapat menggunakan smartphone Android atau iOS miliknya untuk mengontrol kontak yang dimiliki anak.

myFirst Fone - Jam Tangan Anak
Orang tua bisa menambah jadwal rutin, seperti sekolah

Fitur GPS yang selalu aktif mencegah anak berada di area yang tidak seharusnya. Misal saat berada di luar sekolah saat jam belajar maka orang tua akan mendapat notifikasi. Selain GPS, pembacaan lokasi juga dapat dilakukan melalui WiF Positioning dan Cell Tower Triangulation.

Apabila terjadi hal buruk, anak dapat menekan sinyal SOS yang otomatis memberitahukan posisinya dan mengaktifkan live video secara otomatis. Baterai smartwatch ini dapat bertahan selama 60 jam pemakaian. Komponen internal dilapisi cukup rapat sehingga tahan percikan air.

  Bak Film Sci-Fi, Cincin ini Membuat Kamu Bisa Berkomunikasi Melalui Jari

Saat ini myFirst Fone ditawar Rp 1,2 juta per unitnya dengan dua varian warna, merah jambu dan hitam. Pihak pengembang menjamin produk akan segera diproduksi dan dikirim ke pembeli pada Maret nanti.

Selengkapnya tentang myFirst Fone dapat dilihat di video ini: