Dengan berkembangnya beragam perangkat wearable, fungsi yang tadinya terasa standar kini semakin kaya lewat implementasi fitur baru. Contohnya perusahaan asal Xianjun Zhu yang memperkenalkan smartwach bernama StarVox.

StarVox bukan smartwach biasa. Disamping komponen dasarnya seperti layar sentuh, pedometer, speaker, Bluetooth, stopwatch, dan thermometer, StarVox juga menyediakan walkie talkie dan GPS untuk kamu yang merasa outdoor enthusiast.

Berkomunikasi dengan teman tanpa sinyal selular

2-sefsed-jpeg

Kita semua pasti tau walkie talkie, sebuah perangkat komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio. StarVox menyediakan kemampuan ini pada frekuensi 400~470MHz.

Jangkauan komunikasi mencapai 2 kilometer dan tidak membutuhkan sinyal selular. StarVox dapat bekerja secara mandiri tanpa bantuan smartphone.

Selain berkomunikasi dengan sesama perangkat, StarVox tetap kompatibel digunakan bersama dengan walkie talkie konvensional.

Berbagai fitur yang support untuk aktivitas outdoor

3-sefsed-jpeg

Meskipun StarVox hadir bersamaan dengan keunggulan walkie talkie, faktanya masih ada sejumlah fitur lain yang menjadi identitas smartwatch sebagai perangkat untuk keperluan outdoor.

Kamu juga akan mendapatkan kemampuan waterproof, pedometer, barometer, thermometer, altimeter, hygrometer, magnetometer, GPS, compass, serta tentunya Bluetooth untuk opsi terkoneksi dengan smartphone.


StarVox tengah memasuki masa crowdfunding sejak 6 November lalu, namun dalam 3 hari target 20.000 berhasil terlampaui. Kini produknya telah mencapai $33.000 dan akan terus bertambah mengingat tanggal berakhirnya crowdfunding masih cukup lama.

Satu unit StarVox bisa didapatkan mulai $59 atau Rp 760 ribuan. Harga yang terbilang menarik untuk sebuah smartwatch tangguh.

Sumber: Kickstarter