Samsung Galaxy X Foldable
Galaxy X disebut-sebut sebagai smartphone layar lipat pertama Samsung

Tren smartphone mungkin tidak lagi ke arah bezel-less, melainkan foldable display alias layar lipat. Teknologi tersebut pernah ditampilkan Samsung pada 2012. Dengan begitu tidak lama lagi akan ada smartphone yang bisa kamu lipat atau lebarkan sesuai kebutuhan.

Sebuah kabar dari sumber terpercaya, Business Korea menyebut Samsung tengah mengerjakan layar lipat untuk Galaxy X yang akan meluncur tahun depan, namun tanpa tanggal yang jelas. Hal ini diungkap oleh salah pimpinan Samsung, Ko Dong-jin pada September lalu.

“Kami menargetkan untuk meluncurkan smartphone lipat tahun depan.” ujarnya. “Samsung telah mengajukan sejumlah paten teknologi untuk smartphone yang bisa dilipat demi mendahului pasar layar lipat.”

Sumber tersebut juga mengatakan divisi pengembangan layar Samsung memiliki panel lipat dengan lengkungan 1.0R yang artinya bisa dilipat rata seperti kertas. Saat ini tidak dijelaskan material yang dipakai, namun kemungkinan besar adalah plastik. Perusahaan berharap panel layar dapat lebih tipis dan fleksibel.

Samsung Foldable Screen
Prototipe awal hanya bisa dilekukan, tetapi tidak bisa dilipat (credit: TechRadar)

Selain itu Samsung dikatakan sedang berapi-api untuk mengalahkan Apple dalam pengembangan smartphone lipat. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu dikabarkan tengah menjalin kerjasama dengan LG untuk mewujudkannya.

Apple dan LG dilaporkan punya proyek smartphone rahasia yang hingga kini tidak ada diberikan detilnya ke publik karena takut dicontek Samsung. Tetapi menilik paten yang muncul beberapa hari lalu, agaknya smartphone tersebut bakal bisa dilipat. Dokumen itu menuliskan perangkat memiliki layar micro-LED.

Sementara Samsung menargetkan 2018, pesaing abadinya, Apple akan meluncurkan smartphone rahasia tersebut di 2020.

Smartphone layar lipat pertama adalah ZTE Axon M yang dirilis beberapa waktu lalu. Tetapi terdiri dari dua layar terpisah yang bisa dibentangkan. Apabila Galaxy X memiliki satu layar yang bisa dilipat seperti kertas, maka predikat smartphone layar lipat yang sebenarnya jatuh padanya.

Video konsep smartphone layar lipat Samsung: