Samsung Galaxy X Foldable
Galaxy X disebut-sebut sebagai smartphone layar lipat pertama Samsung

Samsung berpeluang besar menjadi brand pertama yang merilis smartphone layar lipat.

Menurut laporan dari The Korea Herald yang bersumber dari orang dalam industri mengatakan Samsung telah menunjukkan layar lipat pada rapat tertutup yang berlangsung 10 Januari kemarin.

Samsung juga mengenalkan dua varian layar, yakni yang dilipat ke dalam dan dilipat ke luar. Layar lipat ke dalam memiliki lekukan yang lebih tegas sehingga dipertimbangkan sebagai model yang akan dipakai pada smartphone pertamanya.

Dalam rapat tersebut, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu turut mengumumkan jadwal peluncuran, serta produksi yang rencananya digelar November tahun ini.

Sementara itu sumber lain, ETNews memberikan laporan berbeda. Produksi massal akan dilakukan pada September dan siap pada November. Sedangkan peluncuran diatur pada Desember dan perilisan awal tahun 2019.

Samsung Galaxy X digambarkan sebagai smartphone yang dapat dibuka lipatannya sehingga menjadi tablet dengan layar OLED 7,3 inci. Laporan lain mengatakan proses pengembangan agak terhambat akibat proses pengembangan antarmuka Android yang harus adaptif pada mode smartphone nantinya.

Divisi pengembangan layar Samsung menyebut tingkat lengkungan layar yang mereka rancang saat ini adalah 1.0R atau setara dengan lipatan kertas.

Peluncuran Galaxy X akan berlangsung pada Desember dengan catatan tidak ada masalah berarti dalam proses pengembangan. Sementara itu kompetitor lain seperti Microsoft dan Apple dikabarkan juga mengerjakan proyek sejenis, namun tidak ada tanda-tanda bahwa itu akan dirilis dalam waktu dekat.

Dengan begitu, jika pekerjaan Samsung aman terkendali, smartphone layar lipat sudah bisa didapatkan tahun ini.