Doogee Mix 4
Cukup digeser, dan kamera depan akan muncul

Ponsel dengan desain slider sempat booming pada awal 2000an. Nokia 5300 menjadi salah satu primadona. Kendati sudah lama ditinggalkan, kini produsen smartphone asal China membangkitkan kembali ciri khas tersebut. Doogee Mix 4 berhasil membuat desain layar penuh dengan menyembunyikan kamera depan dan speaker di baliknya.

Ponsel prototipe ini sendiri tampak memiliki dua bagian yang terpisah, yakni bodi utama dan layar. Menurut kanal Youtube Mrwhosetheboss yang secara eksklusif mendapat paket tersebut dari pihak Doogee mengatakan rasio layar mencapai 97 persen.

Kendati desain geser tersebut, Doogee Mix 4 diperkirakan tidak memiliki sensor cahaya atau proximity sensor, dimana pada ponsel Android bertugas untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai kondisi lingkungan.

Doogee Mix 4 Review
Hampir seluruh permukaan depan ditutupi layar

Meski begitu, konsep ini sangat brilian dibanding merapatkan bezel seminimal mungkin seperti yang dilakukan Galaxy S9, iPhone X, dan beberapa ponsel Android lainnya.

Arum Maini selaku pemilik kanal Youtube tersebut menjelaskan material yang dipakai Doogee cukup kokoh sehingga terasa mantap meski digeser berkali-kali. Namun sisi negatifnya, Mix 4 menjadi sedikit lebih tebal yakni 11 mm dimana kebanyakan smartphone sudah di bawah 9 mm.

Smartphone ini memperlihatkan ikon sidik jari di bagian layar, sebuah sugesti bahwa ke depannya pihak perusahaan akan memanfaatkan teknologi sidik jari di bawah layar. Sensor biometrik ini memang sedang hits sejak awal tahun 2018.

Doogee Mix 4 Phone
Di bagian belakang terdapat kamera ganda dan flash

Selain Doogee, manufaktur lain yang menemukan ide brilian untuk menyembunyikan kamera depan adalah Vivo. Ponsel Vivo Apex memiliki kamera yang bisa sembunyi dan muncul saat diperlukan, sedangkan speaker diganti dengan teknologi penyaluran suara via layar.

Lantas, kapan Doogee Mix 4 dirilis? Menurut Maini, jika mengikuti skema tanggal perilisan yang dilakukan perusahaan selama ini, smartphone tersebut akan dirilis pada akhir 2018 mendatang, setelah Mix 3 meluncur bulan Juni.

Berikut video Doogee Mix 4: