Saat ini smartphone dapat melakukan berbagai tugas, mulai dari mengambil foto, mengakses internet, menunjukkan jalan, memainkan musik bahkan melakukan panggilan video.

Namunn berbeda halnya dengan smartphone Chenghong H2, smartphone yang satu ini dapat menunjukan kepada penggunanya tentang unsur yang menyusun suatu benda.

chenghong_h2_SCiO
Chenghong H2 dilengkapi sensor SCiO untuk menganalisa molekul benda

Ditampilakn pada CES, smartphone berbasis android ini merupakan hasil kerjasama dari Sichuan Chenghong Electric Co, Analog Devices Inc(ADI) dan dan Consumer Phisic Inc.

Ketiga perusahaan tersebut bekerjasama membuat ScIO Pocket Molecular Sensor, sebuah spectroscope ukuran mini yang berfungsi menganalisa getaran molekul pada suatu benda dan menentukan komposisi dari benda tersebut.

chenghong_h2_mengukur_lemak
Smartphone ini juga diperkirakan dapat mengukur lemak dalam tubuh

Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai benda, adapun penggunaan utama dari smartphone ini antara lain untuk menganalisa nilai nutrisi makanan, kebutuhan medis, dan beberapa produk lain.

Masih belum ditemukan banyak informasi tentang spesifikasi atau smartphone tersebut. Meski demikian pihak perusahaan Chenghong menyatakan bahwa smartphone ini memiliki ketebalan 8.2 mm.

chenghong_h2_fruit
Mengukur tingkat kematangan , bahkan tingkat kemanisan buah kini mungkin dengan smartphone ini

Beberapa fitur lain yang terungkap antara lain fingerprint reader, kamera 16 MP, layar berukuran 6 inch dengan kualitas HD, tubuh yang tersusun dari alumunium, dan CPU 8 core berkecepatan 2.0 GHz.

Smartphone ini akan hadir di Cina pada pertengahan awal 2017 dan akan hadir di negara lain seperti Amerika sekitar akhir 2017.