Oppo F7
Oppo turut mempopulerkan desain notch ala iPhone X

Produsen smartphone Android bermerek Oppo dalam beberapa tahun terakhir terkenal akan identitasnya sebagai pengusung kamera selfie terbaik. Gelar ini tidak lepas oleh implementasi kamera canggih disertai software untuk menunjang foto selfie. Smartphone anyar Oppo F7 dirumorkan membawa peningkatan yang signifikan.

Smartphone menawarkan layar 6,2 inci dengan resolusi 2.280 x 1.080 piksel, lagi-lagi iPhone X menjadi inspirasi desainnya. Sementara rasio layar mencapai 89,09 persen. Bagian bawah bezel terlihat lebih lebar dibanding yang ada di samping, namun notch pada ponsel tersebut lebih minimal dari smartphone terbaru Apple itu.

Untuk keperluan selfie, Oppo membenamkan kamera 25 megapiksel yang didukung kecerdasan buatan guna memaksimalkan hasil foto. Fitur ini sebelumnya ada pada Oppo F5, namun perusahaan mengklaim pembaharuan di F7 lebih signifikan.

Kecerdasan buatan bernama AI Beauty 2.0 mempelajari preferensi pengguna saat mengedit foto selfienya. Lalu, data tersebut akan dijadikan landasan pada filter otomatis ketika pengguna ingin melakukan selfie lagi.

Kamera Oppo F7 juga dibekali High Dynamic Range (HDR) dan Augmented Reality Sticker. Sedangkan otak prosesor kemungkinan besar menggunakan Snapdragon 670 atau MediaTek Helio P6. Sistem operasi yang didukung adalah Android Oreo dengan kustomisasi Color OS 4.0.

Tanggal rilis Oppo F7

Kabar tentang Oppo F7 masih samar-samar, dan kebanyakan hanya berupa poster teaser saja. Meski begitu, perusahaan cukup tegas menuliskan tanggal 26 Maret sebagai debut perdananya. Kemudian spesifikasi lengkap, harga, dan wilayah pemasaran akan mengikuti usai pengumuman itu.

Selain F7, Oppo R15 merupakan salah satu smartphone Android mirip iPhone X yang rencananya meluncur beberapa bulan ke depan. Smartphone itu ditargetkan mengisi pasar smartphone papan atas.