CAT S61
Beberapa fitur smartphone ini tidak ada pada iPhone atau Samsung sekalipun

Peluncuran smartphone anyar Samsung sudah di depan mata, dan kita sudah memegang beberapa sumber yang mengatakan bahwa harga Galaxy S9 akan setara iPhone X. Alih-alih diyakini menjadi smartphone Android termahal, tampaknya Galaxy S9 harus berbagi tempat dengan merek yang tidak terduga sebelumnya.

Perusahaan alat berat Caterpillar baru saja mengumumkan Cat S61 yang merupakan kelanjutan dari Cat S60 pada 2016 lalu. Masih dengan tema yang sama, smartphone tersebut menyertakan berbagai fitur yang tidak mungkin kamu jumpai pada brand mainstream.

Dibanderol seharga $999, Cat S61 dilengkapi layar 5,2 inci Full HD dengan pelindung Gorilla Glass 5. Sisi komputasi mengandalkan Snapdragon 630, RAM 4GB, penyimpanan 64 GB, dan slot MicroSD. Pada bagian belakang terdapat kamera 16 MP dan di depan tertanam kamera selfie 8 MP.

S61
Smartphone terhitung cukup tebal karena menggunakan bodi kuat

Selain itu, smartphone dilengkapi Bluetooth 5.0, dual-band WiFi, NFC, LTE, dan baterai 4.500 mAh. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Oreo dan diklaim akan mendukung Android P nantinya. Namun, keunggulan utamanya di luar dari ekspetasi orang terhadap smartphone.

Layar Cat S61 dapat dioperasikan baik dengan sarung tangan dan kondisi jari yang basah. Kamera pendeteksi panas bersanding dengan kamera utama, mampu mengukur suhu antara -20° C hingga 400° C.

Selain itu terdapat sensor pembaca kualitas udara yang mampu menganalisa polutan di dalam ruangan, semisal dari cat, karpet, larutan, dan cairan pembersih. Sensor tersebut juga dapat membaca kelembapan udara dan temperatur ruangan. Di bagian belakang terpasang laser untuk mengukur jarak hingga 10 meter.

Smartphone Cat S61
Kamera panas, kamera foto, dan laser di bagian belakang

Soal ketahanan, Cat S61 diperkuat oleh kerangka aluminium dengan bodi bersertifikat militer MIL-STD-810, serta rating IP68 tahan debu dan air. Dengan kata lain, smartphone ini akan berumur panjang sekalipun sering mendapat perlakuan kasar.

Desain ponsel memang tidak elegan untuk dipamerkan, tetapi jika kamu membutuhkan smartphone serba guna dengan ketahanan di atas rata-rata, Cat S61 yang dirilis pertengahan tahun ini bisa jadi opsi rasional.