Smartisan R1 Phone
Jika dikawinkan dengan MicroSD terbesar di dunia, Smartisan R1 punya total penyimpanan 1,5 TB

Saat ini ada dua opsi yang tersedia bagi manufaktur ponsel dalam memuaskan dahaga kapasitas penggunanya. Pertama, memberikan slot MicroSD agar pengguna bisa membeli penyimpanan tambahan, atau memaksimalkan kapasitas penyimpanan internal seperti yang dilakukan iPhone. Namun, produsen ponsel asal China, Smartisan memberikan dua pendekatan, penyimpanan internal super besar dan ketersediaan slot MicroSD.

Smartisan R1 adalah smartphone Android terbaru yang menawarkan penyimpanan internal 1 Terabyte atau 1024 GB. Angka ini antara 10 hingga 15 kali dari kapasitas tertinggi yang ada di pasaran. Terlebih lagi jika dibenamkan MicroSD terbesar saat ini yakni 512GB.

Di dapur pacu, ponsel ini dipersenjatai prosesor anyar Snapdragon 845 dengan RAM 6GB hingga 8GB bergantung varian. Sementara baterai dipukul rata pada 3.600 mAh, namun ini sudah lebih dari cukup mengingat kehadiran teknologi Quick Charge 4+ dan dukungan wireless charging.

Biggest Phone Storage
Layar Smartisan R1 sudah mendukung 3D Touch

Rentang layar mencapai 6,17 inci dan resolusi 2.242 x 1.080 piksel LCD. Di bagian atas layar terdapat notch dimana kamera selfie 24 MP bertengger disana. Desain ini lebih mirip dengan Essential Phone ketimbang iPhone X yang belakangan sering menjadi inspirasi ponsel Android baru.

Kamera ganda disematkan di sisi belakang, dimana masing-masing beresolusi 12 MP OIS dan 20 MP telephoto. Fitur lain yang patut diperhitungkan ialah pemidai NFC, sensor sidik jari di belakang, pengenal wajah, dan USB type-C. Namun, sama seperti smartphone flagship lainnya, port Jack 3.5 mm tidak hadir disini.

Smartisan R1 dijual mulai Rp 7,8 juta dengan RAM 6GB dan penyimpanan 64GB. Sementara varian termahal dibanderol seharga Rp 20 juta, tentunya dengan penyimpanan raksasa 1TB yang mungkin tidak akan pernah penuh untuk pemakaian normal.

Namun untuk sementara, Smartisan masih menjangkau pasar China saja. Belum ada informasi terkait kehadirannya di negara Asia lain, termasuk Indonesia.