Amabrush, Sikat Gigi Otomatis, Alat Penyikat Gigi
Sikat gigi otomatis pertama di dunia yang diklaim lebih efektif dibanding cara manual

Menyikat gigi sudah pasti menjadi aktivitas wajib yang biasanya dilakukan di pagi dan sore hari. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa dengan mudah melakukannya. Namun bagaimana jika seseorang terlalu malas untuk melakukan hal yang sangat sederhana ini?

Startup asal San Fransisco, Amerika Serikat mengenalkan produk sikat gigi otomatis yang diklaim sebagai yang pertama di dunia. Amabrush, begitulah alat ini dijuluki. Terdiri dari modul penyikat dan modul utama. Cukup masukan ke dalam mulut, tekan tombol, dan mesin akan bergetar untuk memberikan efek seperti menyikat.

Amabrush, Sikat Gigi Otomatis, Alat Penyikat Gigi
Kamu bisa melakukan hal lain sembari menyikat gigi

Rata-rata orang menyikat gigi selama 60 detik, sementara yang direkomendasikan adalah 180 detik. Menariknya pihak pengembang Amabrush mengatakan dengan sikat gigi otomatis yang mereka buat hanya memakan waktu selama 10 detik. Capaian ini dapat diperoleh karena semua gigi dibersihkan secara bersamaan.

Modul penyikat atau yang disebut mouthpiece dapat dilepas dari modul utama. Mouthpiece bersifat fleksibel mengikuti bentuk rahang. Bahan yang dipakai diklaim dapat membunuh 99.99% bakteri. Sementara mouthpiece hanya boleh digunakan oleh orang yang sama, modul utama atau handpiece bisa digunakan seluruh anggota keluarga.

Amabrush, Sikat Gigi Otomatis, Alat Penyikat Gigi
Mouthpiece, handpiece, dan stasiun pengisian daya Amabrush

Di dalam handpiece sudah terdapat pasta gigi khusus yang sudah terverifikasi oleh FDA. Baterai internal dapat bertahan selama sebulan pemakaian, sedangkan pengisian baterai menggunakan fitur wireless charging. Tentu saja sebagai benda yang selalu berada di kamar mandi Amabrush bersifat tahan air.

Amabrush membuka penggalangan dana di Kickstarter dengan target capaian dana €50.000, namun dalam hitungan beberapa hari mereka sudah menerima lebih dari €400.000. Siapapun yang tertarik dapat memilikinya dengan membayar harga €69 atau Rp 1 juta per unitnya.

Ingin lihat bagaimana Amabrush bekerja? Berikut videonya: