Sikat Gigi Otomatis Unico
Dibanding sikat gigi manual selama 180 detik, sikat gigi otomatis cuma 3 detik!

Menyikat gigi adalah kegiatan wajib dalam rutinitas manusia. Para ahli menyarankan untuk setidaknya menyikat gigi 3 kali sehari untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi. Namun karena kesibukan atau lain hal, rekomendasi ini sering diabaikan.

Sebuah proyek crowdfunding di Indiegogo menampilkan sikat gigi otomatis bernama Unico yang mengklaim dapat membersihkan gigi hanya 3 detik. Perangkat terdiri atas mouthpiece dan komponen elektronik sebagai penggeraknya. Di dalam mouthpiece terdapat bulu sikat yang bergerak secara simultan, ditambah pasta gigi yang juga ditambah secara otomatis.

Sikat Gigi Otomatis Unico
Desain sikat gigi Unico

Desain ini sekilas hampir mirip dengan Amabrush yang telah diluncurkan beberapa bulan lalu. Namun pada Unico, bulu sikat bergerak dengan cara berputar, bukan digetarkan.

Pihaknya menyebut mouthpiece tetap bisa dibersihkan seperti biasa, dengan air dan sabun. Kemudian disimpan dalam wadah khusus dengan sinar ultraviolet untuk disterilkan. Dengan begitu mouthpiece akan selalu dalam keadaan bersih saat akan digunakan. Wadah juga berperan sebagai docking pengisian baterai.

Sikat Gigi Otomatis Unico
Wadah sikat gigi menjadi tempat serbaguna

Perangkat ini dapat terhubung ke smartphone dengan aplikasi khusus untuk mengatur sejumlah konfigurasi. Di dalam aplikasi kamu bisa memilih kecepatan sikat dan durasi pemakaian. Aplikasi ini nantinya tersedia untuk Android, iOS, dan perangkat Microsoft.

Unico ditawar mulai Rp 1,5 juta per unitnya. Perangkat memasuki produksi massal pada Desember dan dikirim kepada para pemesan Februari tahun mendatang.

Selengkapnya tentang Unico dapat dilihat pada video berikut: