Luka EV Car
Luka EV yang dibuat MW Motors menargetkan kalangan yang gemar dengan desain mobil klasik

Mobil elektrik memiliki gelar sebagai mobil masa depan. Tak heran apabila banyak manufaktur merancang mobil elektrik dengan wajah modern nan futuristik. Meski begitu, tetap saja ada pihak yang sengaja memadukan teknologi anyar dengan tampilan klasik mobil setengah abad yang lalu.

Startup asal Ceko, MW Motors memperkenalkan Luka EV, mobil elektrik pertama besutannya yang diklaim siap diproduksi.

Desain mobil mengambil tema retro yang sempat populer beberapa dekade lalu. Pihak perusahaan percaya model seperti ini masih memikat kolektor mobil klasik. Bahkan jika dikemudikan di jalan, semua orang akan sangat mudah mengenalinya.

MW Motors Luka EV
Seluruh bagian mobil terlihat retro

Luka EV sekilas mirip VW Karmann Ghia yang lahir pada 1955. Meski begitu, interior mobil dijanjikan sangat modern. Mobil elektrik tersebut dapat melaju dengan kecepatan maksimal 146 km/jam dengan jangkauan 300 km per sekali pengisian. Sedangkan akselerasi mungkin bukan suatu hal yang dibanggakan karena hanya berada di angka 9,6 detik untuk 0-100 km/jam.

Menurut perusahaan, mereka sedang mengembangkan teknologi pengisian daya cepat yang mampu mengisi baterai hingga 80 persen dalam 60 menit.

Mobil hanya memiliki 2 kursi dan dikategorikan sebagai mobil mewah. Meski demikian, harganya justru beda tipis dengan mobil termurah Tesla, yakni Model 3 yang dibanderol $35.000. Di sisi lain, Luka EV akan dijual $37.000 per unit.

Luka EV
MW Motors sedang mengembangkan fitur pengisian cepat

Bobot mobil secara keseluruhan hanya 815 kg, sangat ringan dibanding kendaraan sejenis. Hal ini berkat kerangka minimalis dan baterai kecil, namun disertai mesin dengan efisiensi tinggi.

Sebetulnya, trend menyulap kendaraan klasik menjadi mobil listrik bukan hanya dilakukan MW Motors. Sebelumnya, Honda memperkenalkan konsep Urban EV dan Sports EV yang terinspirasi dari desain tahun 70an.

Berikut ini video singkat teaser Luka EV dari MW Motors: