Android O
Setelah beredar banyak spekulasi, kini semakin jelas nama apa yang akan dipakai Android O

Google sebelumnya telah mengumumkan kehadiran Android 8.0 atau Android O tahun ini lewat ajang Google I/O yang telah berlangsung Mei lalu. Sayangnya tidak ada informasi nama resmi yang akan diusungnya. Hal ini membuat publik semakin berspekulasi terkait identitas sebenarnya Android O.

David Ruddock dari Android Police memposting tweet dalam akun Twitter-nya bahwa versi Android selanjutnya akan dirilis pada minggu kedua bulan Agustus. “Saya akan mencari update resmi Android O untuk Google Pixel yang akan mendarat minggu depan. Bisa dipercepat, tapi hanya itu yang saya tahu sejauh ini” tulis Ruddock.

Tentang seperti apa nama Android O, Ruddock mengaku sama sekali tidak memiliki petunjuk. Sejumlah rumor di internet menguatkan potensi penggunaan nama Oreo. Apalagi Vice President Android, Hiroshi Lockheimer sempat memposting beberapa foto cemilan Oreo dalam akun Twitter-nya.

Lantas apakah nama Android Oreo akan dipinang Google? Bisa jadi benar, tetapi jika mengacu pada rumor terakhir, tampaknya ada nama lain yang berpotensi kuat.

Android O
Secara historis Google memang menggunakan singkatan untuk nama versi Android pada kode sumbernya

Menurut laman Myce, pihaknya menemukan bocoran kode bertajuk “oc-dev” pada kode sumber Android 8.0. Referensi “OC” punya keterkaitan dengan Oatmeal Cookie. Hal ini juga diamini sejumlah pihak yang menemukan pola serupa. Terlepas dari itu kepastian ada di tangan Google selaku pengembang utama.

Rencananya Google Pixel dan Pixel XL akan menjadi perangkat pertama yang mendapatkan update Android O. Kemudian disusul sejumlah perangkat Nexus model tertentu dan Google Pixel 2 pada akhir September atau awal Oktober mendatang.