Bel sepeda adalah aksesoris wajib yang menunjang keamanan pengendara. Meski fungsinya begitu sederhana, namun berkat bel potensi kecelakaan pun dapat diminimalisir.

Terkait ide bel sepeda, startup asal California mengembangkan Shoka Bell, bel sepeda dengan beragam fitur cerdas yang diklaim membuat pengalaman bersepedamu jauh lebih baik.

Sejatinya Shoka Bell kurang lebih mirip seperti bel sepeda elektrik, ia mengandalkan baterai sebagai sumber energinya. Tetapi inovasi tidak berhenti sampai disitu, integerasi dengan smartphone adalah kunci mengapa ia punya fitur cerdas.

Bosan suara yang itu-itu saja? Pilih ringtone yang kamu inginkan

shoka bell

Berbeda dengan kebanyakan bel elektrik secara umum, Shoka Bell terhubung dengan smartphone via Bluetooth. Dengan aplikasi yang tersedia kamu bisa men-download beragam ringtone yang diinginkan.

Pemilihan ringtone diharapkan sesuai dengan kondisi ketika berkendara. Misalnya berkendara di jalan raya dengan di lingkungan perumahan tentu berbeda.

Termasuk ketika bersepeda dalam kecepatan tinggi, bunyi bel yang disarankan berbeda pula.

Dilengkapi dengan sistem navigasi untuk menentukan arah perjalanan

shoka bell

Smartphone sudah memiliki GPS, namun pasti agak merepotkan jika harus bersepeda sambil menatap layar smartphone.

Untuk itulah Shoka Bell dilengkapi sistem navigasi, memanfaatkan koneksi pada smartphone untuk memandu pengendara sepeda sesuai tujuannya.

Permukaan Shoka Bell memiliki lampu LED yang berformasi membentuk ikon navigasi. Di sisi lain, aplikasi Shoka Bell punya database jalur yang aman untuk dilalui pengendara sepeda.

Bel sekaligus sistem anti maling

shoka bell

Pernahkah kamu memarkir sepeda hanya sebentar? Misal untuk membeli minuman di pinggir jalan. Agak merepotkan jika harus menggembok roda sepeda padahal hanya ditinggal sebentar.

Dilengkapi sensor getaran, ketika sepeda terdeteksi bergerak maka alarm akan berbunyi sejauh 250 meter.

LED di bagian depan memungkinkan penerangan bagi pengendara

shoka bell

Lampu LED pada Shoka Bell punya intensitas cahaya yang cukup untuk menerangi jalan ketika berkendara di malam hari.

Menariknya, pencahayaan disesuaikan dengan kondisi sekitar. Jika di sekeliling masih cukup terang, maka cahaya yang dikeluarkan Shoka Bell lebih sedikit.


Mount magnetis Shoka Bell diklaim cocok dengan segala jenis stang sepeda. Di sisi lain, baterai internal sanggup menghidupkan bel selama 200 jam sebelum harus diisi kembali.

Bel pintar ini ditawarkan mulai harga $79 atau Rp 1 jutaan. Kamu tertarik ingin membelinya?

Sumber: Get Shoka