Sepeda Listrik Grunner X
Teknologi fast-charging dan baterai jumbo mengangkat Grunner X di atas rata-rata sepeda listrik

Sepeda listrik memang populer di kalangan urban di beberapa negara karena efisien dan ramah lingkungan. Namun tantangan seperti kapasitas baterai yang terbatas memaksa pemilik sepeda untuk sedia charger setiap saat jika tidak ingin mengayuhnya dengan susah payah.

Sementara mayoritas sepeda listrik berada pada jangkauan 40-80 kilometer, startup bernama Mobile Vehicle Technology (MVT) meluncurkan Grunner X yang mampu menyentuh 350 kilometer. Angka tersebut setara dengan sepeda motor BBM dalam kondisi tangki penuh.

MVT mengatakan sepeda buatannya menggunakan baterai 30 Ah milik Panasonic yang dihubungkan pada mesin roda berkecepatan 45 km/jam. Menurut perusahaan, pengisian baterai hingga penuh hanya perlu 45 menit berkat fast-charging. Mereka juga mengklaim teknologi pada Grunner X menjamin 2.500 kali pengisian.

Sepeda Listrik Grunner X
Segudang opsi tersemat di handlebar

Menariknya, sepeda ini dipersenjatai sensor untuk menjaga keamanan pengendara. Misal sensor ultrasonik dan infrared  untuk membaca kondisi lingkungan dan memberi peringatan berupa getaran bahwa ada kendaraan lain yang mendekat.

Sensor lain seperti kelembapan, suhu, tenaga, kemudi, kamera 360 derajat, gyroscope, dan akselerometer juga tersemat disini.

Sepeda Listrik Grunner X
Port USB untuk mengisi daya smartphone

Grunner X juga memiliki fitur gembok otomatis bisa bisa kamu kontrol menggunakan smartphone yang terhubung via Bluetooth. MVT tengah memperkaya aplikasi smartphone agar bisa menemukan posisi sepeda hingga melakukan update firmware.

Sebagai efek dari fitur dan teknologi mumpuni, Grunner X hadir dengan biaya yang cukup telak. Saat ini sepeda listrik tersebut ditawar sekitar $7000 USD atau kira-kira Rp 95 juta per unitnya.

Tertarik memilikinya?