Sebagai ancang-ancang untuk membangun kota layak huni di Mars, pemerintah Dubai akan bangun fasilitas penelitian berbentuk kubah

Jika kamu ingin berwisata mengunjungi tempat-tempat dengan bangunan atraktif, Dubai pasti masuk dalam daftar destinasi. Pemerintah Dubai mengumumkan rencana untuk membangun kota kubah layaknya struktur yang kerap digambarkan ilmuwan untuk kolonisasi planet Mars.

Proyek bernama Mars Science City ini akan dibangun di atas area seluas 175 km persegi dan menghabiskan dana hampir Rp 2 triliun. Kota ini akan ditutupi oleh beberapa kubah kaca transparan sebagai bagian dari simulasi.

Mars Science City
Kota ini didedikasikan untuk keperluan penelitian terkait kehidupan manusia di luar Bumi

Di dalam kubah ditempatkan sejumlah laboratorium khusus untuk penelitian terkait kehidupan antar-planet. Disini para peneliti bisa mencari cara untuk memproduksi makanan, air, dan energi untuk menunjang kehidupan di Mars. Museum juga akan dibangun untuk memamerkan hasil penelitian dan eksperimen yang dilakukan disana.

Perdana Menteri Dubai,¬†Sheikh Mohammed bin Rashid sangat yakin tentang potensi eksplorasi luar angkasa.¬†“Proyek baru ini merupakan langkah lain dalam kontribusi UEA terhadap gerakan sains global, kami berusaha memberi contoh dan motivasi bagi orang lain untuk berpartisipasi, dan berkontribusi, pada perjalanan umat manusia ke luar angkasa.”

Mars Science City
Dubai yang dikelilingi padang pasir dinilai mirip dengan kondisi Mars

Awal tahun ini pemerintah Uni Emirat Arab mengumumkan rencana ke Mars dalam 100 tahun ke depan. Sementara itu inisialisasi saat ini sedang digarap oleh NASA dan SpaceX. Diharapkan pada 2117 sudah ada kota besar di planet Merah dan menjadi titik sejarah penting bagi umat manusia.