Apple Glass
Foto render terkait bentuk fisik dari perangkat augmented reality Apple Glass

Apple sejak lama dirumorkan akan ikut dalam pertempuran perangkat augmented reality (AR). Implementasi fitur tersebut terhitung masih sangat baru di jajaran produk iPhone. Tetapi, sekiranya Apple sudah sangat lama mengembangkan teknologi tersebut.

Perusahaan yang berdiri sejak 1976 ini memang belum pernah mengumumkan akan merilis perangkat AR. Meski demikian, beberapa rumor yang dilaporkan dari iDropNews hampir pasti membenarkan bahwa akan ada produk AR dari Apple yang dirilis dalam beberapa tahun ke depan, tentunya tanpa sedikit pun nama tetapi kita bisa secara tidak resmi menyebutnya sebagai Apple Glass.

Sederhananya, Apple Glass berbentuk seperti kacamata biasa dengan lensa luas yang mampu memproyeksikan data visual dan dilihat oleh mata.

Produk ini diklaim akan melengkapi iPhone. Kamu dapat mengenakannya sehari-hari sekaligus membantu mendapatkan informasi penting tanpa harus mengakses ponsel. Kemungkinan besar, Apple Glass tetap memerlukan koneksi ke iPhone mengingat Apple punya kebiasaan untuk selalu mengintegrasikan semua perangkatnya.

Lantas, seperti apa wujud Apple Glass? Berikut adalah render yang dibuat oleh Martin Hajek berdasarkan rumor yang beredar.

Apple Glass
Frame kacamata mungkin bisa diganti-ganti seperti Apple Watch. Ini akan memberi kesempatan bagi pengguna untuk berganti gaya
Apple Glass
Seperti menjadi tradisi, Apple tetap mempertahankan kesan mewah dan elegan pada setiap perangkatnya, termasuk Apple Glass yang notabenenya adalah kacamata
Apple Glass
Bentuknya akan ramping seperti kacamata yang dipakai sehari-hari. Untuk mencapai dimensi ini perlu kerja keras dari sisi teknis
Apple Glass
Wireless charging seharusnya akan menjadi metode pengisian daya yang tepat bagi Apple Glass

Usaha Apple untuk membawa kacamata AR jelas sangat beralasan. Terlepas dari kegagalan Google Glass dalam menghadirkan perangkat yang nyaman dipakai dan tidak mencolok, perusahaan lain mulai membuat desain yang kurang lebih terlihat seperti kacamata biasa namun tetap kaya akan fitur.

Produk seperti Intel Vaunt dan Blade berhasil menyematkan pendekatan tersebut. Apple harus segera mengikuti tren ini jika tetap ingin mendikte pasar.

Rumor mengatakan Apple tengah mencoba menekan harga Apple Glass agar tetap di bawah $1.000 USD ketika dirilis. Menurut perkiraan, perangkat ini akan diumumkan pada 2020 mendatang.