Untuk dapat seimbang, sebuah kendaraan roda dua seperti sepeda motor harus melaju pada kecepatan tertentu. Sementara jika terlalu lambat atau berhenti, pasti ia akan mulai miring ke kiri atau kanan dan terjatuh jika tidak memasang standar.

Ide unik sekaligus menarik datang dari perusahaan yang bergerak di bidang sepeda motor. Thurstcycle mengklaim mereka tengah mengerjakan sepeda motor yang mampu berdiri sendiri tanpa bantuan pengendara.

GyroCycle mengusung fisik yang tertutup, sekilas mengingatkan kita pada film sci-fi. Dengan bodi bongsor, sepeda motor ini dilengkapi sistem penyeimbang otomatis.

Dalam versi prototipenya, GyroCycle menggunakan listrik sebagai sumber energi utamanya. Sementara bentuknya belum mendekati target.

Versi final dari GyroCycle
Versi final dari GyroCycle

Salah satu petinggi Thrustcycle, Igarashi mengatakan nantinya motor ini menggunakan bahan bakar cair. Namun baterai 8.500 watt tetap dibutuhkan sebagai sistem penyeimbang.

Soal kemampuan di jalan, GyroCycle dapat menempuh jarak hampir 130 kilometer dengan kecepatan 121 kilometer per jam.

Saat ini prototipe masih terus dimodifikasi untuk mencapai konsep yang diinginkan. Igarashi memastikan GyroCycle sudah tersedia pada 2017 dengan harga kurang dari $20 ribu atau Rp 260 juta.

Berikut video prorotipe GyroCycle ‘Bumblebee’ yang mungkin sedikit aneh:

Sumber: Thrustcycle