Sepeda Air Manta5

Memimpikan sepeda yang bisa mengapung di air merupakan bayangan yang sempat terpikir oleh pengusaha asal New Zealand, Guy Howard-Willis pada 2010 lalu. Konsep sepeda air atau sepeda hidrofoil berjuluk Manta5 menunjukkan wujudnya dan siap dirilis tahun depan.

Manta5 berbentuk seperti sepeda dengan kerangka aluminium, dua hidrofoil berbahan karbon, dan motor listrik 400-watt untuk membantu meringankan beban saat dikayuh. Meskipun tidak punya lambung layaknya kapal, terdapat modul pengapung yang membuat sepeda tetap di permukaan walaupun sedang berhenti.

Sepeda Air Manta5
Model XE-1 yang siap dipasarkan

Komponen Manta5 bersifat modular sehingga bisa dibongkar dan dibawa menggunakan mobil. Bobotnya hanya 20 kilogram dengan kemampuan membawa pengguna seberat 100 kilogram. Perancang mengatakan material yang dipakai memungkinkan aktivitas di air asin dan air tawar.

Versi prototipe dapat digunakan selama kurang lebih satu jam pemakaian dengan kecepatan maksimal 20 km/jam. Baterai bisa dilepas apabila ingin segera menggantinya dengan baterai baru dan melanjutkan aktivitas.

Saat ini Manta5 menawarkan model Hydrofoiler XE-1 yang memulai debut pada November ini dan dirilis kemungkinan akhir tahun 2018. Meski tidak dengan harga pasti, pihak Manta5 mengklaim harganya akan setara dengan rata-rata alat olahraga air.

Penasaran seperti apa Manta5 saat digunakan? Cek video berikut: