Galaxy Note 9 Fingerprint
Galaxy Note 9 berpotensi memiliki teknologi sensor teranyar

Masih terlalu awal untuk membicarakan fitur unggulan Samsung Galaxy Note 9 yang akan dirilis beberapa bulan setelah Galaxy S9. Namun sudah ada sedikit bocoran terkait rupa smartphone flagship kedua milik Samsung itu.

Sebuah posting di Twitter mengklaim Galaxy Note 9 akan membenamkan sensor sidik jari di bawah lapisan layar. Tweet tersebut dikirim oleh akun @MMDDJ yang sebelumnya beberapa kali berhasil ‘memprediksi’ sejumlah smartphone high-end.

Hal ini seolah semakin menguatkan laporan dari Synaptic yang menyebut akan ada 5 smartphone papan atas yang mengadopsi sensor sidik jari bawah layar buatan mereka. Dalam laporan itu, pihaknya menyebut beberapa kata kunci seperti “layar OLED”, “Infinity Displays”, dan “tanpa tombol” yang mengindikasikan jajaran smartphone Samsung menjadi salah satu di antaranya.

Dari detil tersebut, kemungkinan yang masuk kualifikasi adalah Galaxy S9 dan Note 9. Namun Galaxy S9 hampir dipastikan tidak menggunakannya, melihat rumor kuat yang beredar memperlihatkan posisi sensor tetap di belakang.

Sekalipun benar bahwa Note 9 akan menanamkan teknologi tersebut, sayangnya Samsung tetap tidak akan memegang status sebagai yang pertama.

Pasalnya Vivo minggu lalu telah memamerkan smartphone pertama dengan sensor sidik jari bawah layar. Jika diasumsikan itu adalah keluaran Synaptic, maka tinggal 4 smartphone lain yang akan meluncur setelahnya.

Samsung Galaxy S9 rencananya akan dirilis pada Maret, menyusul Galaxy Note 9 pada pertengahan tahun 2018. Terkait benar tidaknya rumor ini, kabar akan semakin menguat seiring mendekati tanggal perilisannya.