Atlas
Robot Atlas sedang berlari secara otonom luar ruangan

Boston Dynamics terkenal akan kehebatan robot buatannya yang tampak terlalu maju untuk ukuran perkembangan teknologi sekarang. Robot humanoid Atlas baru saja memamerkan kemampuan terbarunya berlari dengan lincah di rerumputan tanpa kendali operator, alias otonom.

Meski tidak secepat lari manusia, tetapi Atlas berhasil melakukan gerakan-gerakan natural yang membuatnya tidak terlihat kaku. Pijakan tanah juga tidak rata dan agak miring, namun robot mampu melakukan improvisasi agar melewati rintangan.

Atlas juga unjuk kebolehan dengan melompati sebatang kayu. Sebetulnya itu tidak terlalu mengejutkan, sebab sebelumnya robot ini sudah pernah melakukan backlflip salto pada akhir tahun lalu.

Selain Atlas, Boston Dynamics turut mengembangkan robot dengan empat kaki bernama SpotMini. Robot tersebut baru saja mendapatkan upgrade kemampuan navigasi dimana ia bisa membaca situasi lingkungan dan memilih arah yang tepat.

Sebelumnya, operator harus mengontrol SpotMini secara manual guna memetakan ruangan. Tetapi kali ini robot sepenuhnya beroperasi otonom, mengandalkan sensor baru yang ditanamkan padanya.

Boston Dynamics masih terus mengembangkan robot-robot yang ‘diasuhnya’ sambil terus mengadakan eksperimen baru. Ke depannya, mungkin kita akan melihat salah satu dari mereka sudah bisa panjat tebing atau berjalan di atas tali.