iPhone Camera
Kualitas kamera ponsel yang semakin baik membuat produsen film mulai tertarik untuk menggunakannya di bidang profesional (credit: The Android Artist)

Memutuskan untuk berhenti berkarir dalam pembuatan film, sutradara pemenang Oscar, Steven Soderbergh akhirnya kembali pada 2017 melalui film Logan Lucky. Kini ia kembali dipercaya dalam penggarapan film thriller Unsane. Menariknya, dibanding menggunakan kamera kelas atas, Soderbergh memilih menggunakan ponsel iPhone.

Dalam wawancara dengan Indie Wire di ajang Sundance Film Festival 2018, sutradara berusia 55 tahun tersebut mengaku proses pengambilan gambar pada Unsane hanya menggunakan iPhone.

“Siapapun yang menonton film ini, jika tidak mengetahui tentang proses produksi dibaliknya, tidak akan sadar bahwa seluruhnya direkam menggunakan (kamera) ponsel,” katanya.

Soderbergh sendiri cukup yakin dengan masa depan kamera ponsel. Sebagai penggemar kamera RED, ia mengatakan bahwa kualitas iPhone tidak tertandingi. Menurutnya hasil rekaman layar 4K dari jarak 12 meter masih terlihat sangat halus.

Dari trailer yang dirilis akhir Januari lalu, kamu bisa melihat beberapa adegan terlihat begitu halus dan nyaris tidak ada bedanya dengan kamera perfilman papan atas. Namun, di beberapa scene ada gerakan yang agak kasar serta depth of field yang kurang baik. Tetapi untuk ukuran film ‘bermodal’ iPhone, ini sudah sangat baik.

Film Unsane nantinya akan dirilis pada 23 Maret mendatang. Film ini menceritakan Claire Foy yang diteror oleh seseorang melalui media digital. Trailernya sudah bisa disaksikan berikut ini: