Seolah tidak mau kalah dengan raksasa IT lain seperti Microsoft dan Google, kini perusahaan e-commerce Amazon juga mengembangkan Artificial Intelligence (AI) atau jika diterjemahkan menjadi kecerdasan buatan.
Amazon menciptakan Echo, sebuah perangkat yang bisa menjadi asisten digital bagi pemiliknya untuk mengerjakan hal-hal tertentu.
Echo bisa menerima sejumlah perintah lewat suara dan meresponinya dengan cepat. Singkatnya, perangkat pintar ini memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi.
Alexa Echo
Ada beberapa versi Echo yang telah dipasarkan, seluruhnya akan terhubung dengan Alexa Voice Service. Pada dasarnya, orang yang menggunakan Echo juga pasti menggunakan Alexa. Bahkan bisa dibilang Alexa-lah yang menjadi “sosok” cerdas disini.
Perangkat AI yang bisa kamu miliki mulai dari Rp 1 jutaan ini telah dipasarkan, kamu bisa mendapatkannya melalui situs belanja online Amazon.
Amazon yang sudah pasti terlibat dalam proyek ini masih belum berhenti untuk mengembangkan asisten digital buatannya. Kecerdasan buatan masih terus diajari hal-hal baru oleh tim peneliti agar kian sempurna.
Kamu bisa mencoba Echo melalui web browser. Caranya dengan mengunjungi situs Echosim.io.
Alexa Echo
Sebelum mencobanya diwajibkan untuk login ke akun Amazon. Kamu bisa membuatnya gratis disana.
Situs ini secara eksklusif diperuntukan kepada siapapun yang ingin menjajal kecerdasan buatan yang telah dibuat Amazon.
Aktifkan mikrofon, ucapkan kalimat perintah kepada Echo maka ia akan menjawabnya berdasarkan perintah yang kamu sebutkan. Perlu diingat bahwa AI ini baru mendukung bahasa Inggris.

Berikut video perkenalan untuk Echo:

 

Seperti AI pada umumnya, Alexa akan terus berkembang dan semakin cerdas. Tidak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk mengajarinya hal-hal baru.

Sumber: Amazon