Tesla Roadster Leaving Earth
Foto terakhir Tesla Roadster sebelum meninggalkan Bumi

Mobil pribadi CEO SpaceX, Elon Musk sudah meninggalkan Bumi dan sedang dalam perjalanan menuju planet Mars. Waktu yang diperlukan perlu berbulan-bulan untuk mendekati target, namun kecepatannya sangat luar biasa, serta belum pernah dicapai mobil lainnya. Jelas saja karena Tesla Roadster diluncurkan dengan roket Falcon Heavy.

Lalu, bagaimana nasib Tesla Roadster sekarang? Terpaan radiasi angkasa dan asteroid mikro akan terus menghantam mobil elektrik tersebut. Tetapi perjalanannya akan terus berlanjut dengan kecepatan tinggi.

Tesla Roadster hanya menampilkan live video selama beberapa jam saja, dan kemudian lokasinya sekarang tidak diketahui. Beruntungnya, NASA JPL HORIZONS masih bisa memantau mobil berwarna merah itu melalui radar.

Penggemar antariksa, Ben Pearson memanfaatkan data dari NASA tersebut untuk melacak posisi mobil dan menampilkannya pada situs Where is Roadster.

Menurut situs yang baru berumur beberapa hari itu, mobil elektrik Tesla Roadster sedang menuju Mars dengan kecepatan 70.000 km per jam saat artikel ini ditulis. Angka tersebut akan berubah tergantung letaknya di orbit.

Angka ini lebih tinggi dari prediksi Jonathan McDowell dengan 42.000 km, namun status sebagai mobil tercepat sepanjang sejarah tetap didapatkan.