Masih lekat di ingatan kita ketika Samsung memamerkan media penyimpanan SSD berkapasitas 16 TB pada Mei lalu. Kini Seagate menarik perhatian dunia dengan kabar bahwa mereka tengah mengembangkan SSD berkapasitas ‘monster’ sebesar 60 TB.

SSD ini pertama kali dipamerkan dalam acara Flash Memory Summit di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

SSD 60 TB tersebut berukuran 3,5 inci yang berarti ia lebih besar dibanding rata-rata SSD saat ini yang berukuran 2,5 inci. Namun ukuran tersebut masih sesuai dalam form factor saat ini.

Menurut Seagate perangkat ini menggunakan interface SAS yang memang ditujukan untuk kebutuhan server, data center, dan storage array. Kapasitas tersebut diklaim sesuai dengan kebutuhan penyimpanan yang kian meningkat di era ini.

Terdapat dua port dengan kecepatan 12GB per detik, kecepatan membaca hingga 1,5 GB per detik, dan kecepatan tulis 1 GB per detik.

Teknologi yang dipakai SSD 60 TB tersebut masih dalam tahap demonstrasi. Tetapi mereka yakin perangkatnya akan rampung dan segera dipasarkan pada 2017.

Di sisi lain, Seagate mengklaim teknologi yang dipakainya bisa mendorong kapasitas SSD hingga lebih tinggi lagi, bahkan mencapai 100 TB. Ini berkat arsitektur fleksibel yang mereka gunakan.

Sumber: Engadget