Huawei P20
Android Oreo rencananya akan dibenamkan pada Huawei P20 (credit: Evan Blass)

Apple boleh dikritik atas desain layar yang agak kurang disukai sebagian orang. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa model seperti itu menjadi tren dalam hitungan bulan. Sebut saja Oppo R15 yang memperlihatkan desain amat mirip iPhone X. Kini, Huawei dikabarkan tengah menyiapkan smartphone baru yang tampak seperti handset termahal Apple.

Bocoran dari leaker legendaris, Evan Blass muncul di Twitter. Sebuah foto yang ia posting 26 Februari kemarin diklaim sebagai Huawei P20.

Smartphone tersebut tampak memiliki notch atau wilayah hitam di atas layar tempat dimana kamera, speaker, dan proximity sensor bertengger. Alih-alih mengadopsi pengenal wajah, Huawei bertahan pada sensor sidik jari yang diletakan di sisi bawah. Sayangnya, penempatan ini terasa kurang relevan mengingat tombol navigasi berada di dalam layar alias tombol visual.

Untuk memaksimalkan rasio layar, seharusnya sensor sidik jari diletakkan di belakang. Hal lain yang membuat Huawei P20 mirip seperti iPhone X adalah susunan kamera vertikal di pojok kiri atas bagian belakang. Foto tersebut juga menunjukkan lapisan kaca dipakai pula di sana.

Evan Blass sempat menyinggung bahwa smartphone hanya menggunakan dua kamera belakang, bukan tiga kamera seperti yang diisukan sebelumnnya. Huawei P20 rencananya akan diluncurkan pada 27 Maret nanti di Paris.