Fuze Card
Bagaimana jika hanya ada satu kartu di dompet kamu?

Dibanding harus membawa uang dalam jumlah besar di dalam dompet, mayoritas penduduk Bumi lebih senang menggunakan transaksi kartu. Selain efisien, kartu tidak mengambil ruang besar. Sisi buruknya, kini kartu pun mulai menggerogoti isi dompet. Mulai dari kartu kredit, debit, kartu anggota, kartu pengenal, dan kartu lainnya.

Startup berbasis teknologi asal Amerika Serikat, BrillianT membuat Fuze Card, kartu elektronik yang dapat menyimpan informasi digital dari kartu lain. BrillianT mengatakan pengguna bisa memasukkan hingga 30 data kartu ke dalam Fuze.

Fuze ditawar sepaket dengan card reader yang terhubung ke smartphone via port Jack 3.5 untuk memindai informasi kartu kemudian diduplikat ke Fuze. Di dalam Fuze tersimpan berbagai komponen elektronik seperti Bluetooth untuk disambungkan ke smartphone, NFC, baterai, location tracking dan layar berjenis e-Paper.

Fuze Card
Tiga tombol utama untuk berganti mode kartu, beserta informasi visual dari layar

Walaupun diisi oleh komponen yang tidak biasa, Fuze tetap membawa dimensi yang sama dengan kartu pada umumnya, yakni ketebalan 0.8 milimeter. Kartu memungkinkan untuk dipakai bertransaksi, tarik tunai ATM, gift card, tap and go, hingga kartu anggota.

Kemampuan menyeluruh Fuze hanya ada pada versi yang menggunakan chip EMV. Sementara versi tanpa EMV tidak menyediakan fitur NFC. Pihak BrillianT masih menunggu persetujuan bank soal EMV pada kartunya, mereka menjanjikan teknologi sudah bisa digunakan pada Januari 2018.

Fuze Card
Berkat Bluetooth, kartu bisa dihubungkan ke smartphone dengan mudah

Baterai internal kartu sebesar 13 mAh dapat bertahan selama 30 hari penggunaan atau 150 hari stand by. Fuze juga menyediakan pengisian daya portable untuk memperpanjang usia baterai. Peringatan baterai lemah akan diinformasikan ke aplikasi smartphone pengguna, baik itu Android maupun iOS.

Fuze Card berhasil mendapatkan pendanaan di Indiegogo lebih dari $2 juta USD, terlampau jauh dari target $50.000 USD. Pengembang menawarkan pre-order untuk versi tanpa EMV Rp 1.1 juta, sedangkan versi dengan EMV berkisar Rp 1.7 juta. Keduanya akan dikirim pada September 2017 dan Januari 2018.

BrillianT mengaku Fuze sudah melakukan uji lapangan dan bekerja sesuai harapan. berikut video singkat penggunaan Fuze: