Merah Putih Mission 19-27 screenshot

Satelit Merah Putih akhirnya mengangkasa di orbit Bumi sejak siang hari ini. Selain Indonesia, beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Selatan juga akan menggunakan fasilitas ini untuk keperluan komunikasi.

Kehadiran satelit Merah Putih tidak hanya memberikan sumbangsih bagi kebutuhan komunikasi di Indonesia dan internasional, namun SpaceX selaku perusahaan peluncur juga turut bangga atas hasil kerjanya.

Pertama kalinya Falcon 9 Block 5 digunakan ulang

Merah Putih Mission 21-57 screenshot

Misi kali ini terbilang sangat krusial bagi SpaceX. Pasalnya, roket Falcon 9 yang mereka gunakan ialah iterasi Block 5 yang pernah dipakai pada peluncuran satelit Bangladesh beberapa waktu lalu.

Ini merupakan peluncuran ulang pertama Block 5 setelah sebelumnya perusahaan biasa menggunakan Block 3 dan Block 4. Meski SpaceX dinilai punya kapabilitas mumpuni, kecelakaan kecil bisa saja menghanguskan muatan satelit bernilai Rp 2,4 triliun itu.

Mendarat di atas kapal “Of Course I Still Love You”

Peluncuran dilakukan pada dini hari waktu setempat sehingga pemandangan tampak gelap. Proses pendaratan pun menjadi tidak begitu jelas dibanding jika dilakukan di siang hari.

Bagian booster atau stage 1 melepaskan diri dari stage 2 dimana satelit berada dan langsung melakukan manuver untuk persiapan pendaratan. Roket mendarat di atas kapal otonom “Of Course I Still Love You” dengan sempurna, sementara stage 2 melanjutkan perjalanannya mengirim satelit Merah Putih ke orbit yang diinginkan dan melepaskannya.

Menggunakan mesin pendorong bawaan, satelit secara perlahan menaikan orbitnya dari Low Earth Orbit (200 km) hingga Geostationary Orbit (36.000 km). Sampai disini, tugas SpaceX sudah selesai dan tinggal menunggu sampai satelit siap untuk digunakan.

Berikut siaran peluncuran satelit Merah Putih (dimulai pada menit ke 22):