Flex-N-Feel

Hubungan jarak jauh kini telah diakomodasi oleh berbagai layanan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Bahkan bukan sesuatu yang sulit untuk bertatap muka via video call.

Jika HB Ring membuatmu merasakan detak jantung pasangan, Kissenger menyalurkan sensasi ciuman via smartphone, sarung tangan bernama Flex-N-Feel memungkinkan pemakainya merasakan genggaman tangan dari jauh.

Sarung tangan ini terpasang semacam sensor micro controllers dimana ketika jari melipat akan mengirim sinyal untuk melakukan gerakan serupa di sarung tangan lainnya.

Flex-N-Feel
Bulatan-bulatan itu adalah micro controllers

Pada akhirnya pasangan tetap dapat merasakan sensasi genggaman walaupun terpisah jarak.

Saat ini Flex-N-Feel hanya menyediakan pengiriman sinyal satu arah. Singkatnya hanya satu pihak yang memberi tekanan dengan jari, sementara pihak lain hanya bisa menerima.

“Fokusnya adalah menyediakan koneksi fisik” kata Carman Neustaedter, pemimpin proyek yang bermarkas di Simon Fraser University.

Flex-N-Feel
Tim ini mengembangkan sistem yang mengakomodasi kontak fisik antara pasangan LDR

Sarung tangan Flex-N-Feel hanyalah bagian kecil dari pengembangan sistem komunikasi fisik yang tengah mereka kembangkan.

Terlepas dari penawaran uniknya, Flex-N-Feel mungkin terasa berlebihan dan mengaburkan realitas fisik yang sebenarnya. Sebab pengguna sarung tangan menggenggam tangannya sendiri, hanya saja dengan sensasi seolah digerakkan pasangan.

Menurutmu?