SanDisk 1TB Flash drive
Flashdisk 1TB milik SanDisk yang dipamerkan di CES 2018 (credit: The Verge)

Ajang tahunan CES 2018 memang menjadi arena tepat bagi perusahaan teknologi memamerkan produk terbarunya dengan harapan mendapat perhatian khusus dari calon konsumen.

Tahun ini SanDisk memperlihatkan media penyimpanan flashdisk berkapasitas 1TB yang ukurannya mirip dengan flashdisk standar berukuran beberapa gigabyte. Di dalamnya sudah tersemat USB 3.0 yang artinya proses transfer data dapat berlangsung lebih cepat.

SanDisk 1TB Flash drive
Bisa dihubungkan langsung ke smartphone (credit: The Verge)

Sebagai pembanding, tahun lalu Kingston merilis media berkapasitas serupa, namun soal ukuran fisik, SanDisk menang telak. Ditambah lagi, sudah menggunakan port yang tidak hanya mendukung perangkat komputer tetap juga smartphone, seperti Android dan iPhone, dengan dongle khusus.

Kingston 1TB Flashdisk
Kingston 1TB DataTraveler agak gemuk dan tidak cocok dipakai pada laptop tipis (credit: Slash Gear)

Flashdisk tanpa nama itu menggunakan bahan zinc alloy sebagai bodinya. Disebut tanpa nama karena memang SanDisk hanya sekedar menunjukkan prototipe aktif saja. Soal produk final, perusahaan tidak menjelaskan secara spesifik namun nantinya akan menjadi flashdisk kapasitas berkapasitas raksasa dengan ukuran terkecil di dunia.

Jika menggunakan Kingston 1TB DataTraveler sebagai patokan harga, kemungkinan flashdisk akan dihargai sekitar Rp 1 jutaan atau bahkan lebih murah mengingat SanDisk sendiri gemar menawarkan harga miring dari para kompetitornya.

September lalu SanDisk juga telah merilis microSD dengan kapasitas 400GB, mengalahkan rekor sebelumnya di 256GB.