Galaxy S10 FOD
Ponsel Samsung pertama dengan Fingerprint On Display (FOD) mungkin Galaxy S10

Samsung Galaxy S9 tidak bisa dipungkiri sebagai contoh stagnasi desain yang didasarkan pada Galaxy S8. Meski begitu, harus diakui bahwa Samsung berhasil mengeksekusi fitur lain untuk memastikan bahwa smartphone ini layak untuk dibeli. Performa hardware yang luar biasa dan kemampuan kamera yang berhasil pukul mundur Google Pixel 2 menjadi alasan penting mengapa S9 tetap mampu memberi pesona.

Lantas, apakah Samsung akan merilis Galaxy S10 sebagai kelanjutan varian S? Jika menurut rumor sebelumnya, Galaxy S9 merupakan iterasi terakhir untuk menghindari nama canggung seperti Galaxy S11 atau Galaxy S17 di masa depan. Sebagai gantinya, Samsung mengumumkan varian Galaxy X yang agaknya mirip seperti iPhone X.

Namun, laporan dari Chosun Biz asal Korea Selatan mengklaim bahwa Samsung belum mengistirahatkan keluarga S. Sebaliknya, Galaxy S10 akan tetap muncul untuk mewarisi tahta smartphone flagship Samsung.

Galaxy S10 dan S10+ dikabarkan tetap mengadopsi fitur Infinity Display dimana hampir seluruh bagian depan dilapisi oleh layar. Untuk mencapai desain ini, Samsung harus memindahkan posisi sensor sidik jari ke belakang.

Namun pada S10, sensor sidik jari akan tetap berada di depan. Sudah bisa ditebak bahwa ini berarti teknologi sidik jari bawah layar akhirnya hadir untuk ponsel Samsung. Apabila laporan ini akurat, maka Samsung akan menjadi manufaktur besar pertama yang memanfaatkan kemampuan fingerprint on display (FOD) mengingat belakangan hanya dimiliki oleh brand menengah seperti Vivo dan Xiaomi.

Tentu saja Galaxy S10 tidak akan dirilis tahun ini. Perusahaan sudah punya jadwal untuk meluncurkan Galaxy Note 9 pada Agustus mendatang. Jika menilik kembali ke tren perilisan, maka Galaxy S10 diperkirakan hadir ke hadapan publik pada awal 2019.